Interest

Sering Alami Nyeri Saat Haid? Mengubah Pola Makan Mungkin Bisa Membantu

Dwiwa

Posted on October 13th 2022

Siapa nih yang sering mengalami nyeri ketika haid? Dilansir CNN, ternyata ada sekitar 85 persen remaja putri menderita kembung yang menyakitkan, kram dan sakit perut selama periode bulanan mereka. Bahkan beberapa masalah dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

"Karena nyeri haid adalah penyebab utama ketidakhadiran di sekolah bagi remaja putri, penting untuk mengeksplorasi pilihan yang dapat meminimalkan rasa sakit," kata Dr. Stephanie Faubion, direktur Pusat Kesehatan Wanita Mayo Clinic di Jacksonville, Florida, dalam sebuah pernyataan.

Namun menurut sebuah studi baru, ada penyesuaian perilaku yang dapat dilakukan remaja putri dan wanita muda untuk mengurangi rasa sakit.

“Modifikasi diet bisa menjadi solusi yang relatif sederhana yang dapat memberikan bantuan substansial bagi mereka,” kata Faubion, yang juga direktur medis North American Menopausal Society (NAMS) yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

Abstraksi yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan NAMS, Rabu, 12 Oktober itu mengeksplorasi hubungan antara diet dan dismenore, istilah medis untuk haid menyakitkan. Penulis utama, Serah Sannoh, mengatakan kepada CNN bahwa dia tertarik pada topik tersebut karena nyeri haid yang menjangkitinya sejak remaja.

"Saya menemukan diet tinggi makanan pemicu inflamasi seperti daging hewan, minyak, gula, garam, dan kopi berkontribusi pada peningkatan risiko rasa sakit selama periode menstruasi," kata Sannoh, yang melakukan penelitian sebagai intern di Rutgers University Robert Wood Johnson Medical School di New Jersey. Dia saat ini adalah mahasiswa kedokteran di Sekolah Kedokteran Lewis Katz Temple University di Philadelphia.

Menurut anggota dewan NAMS Dr. Monica Christmas, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Universitas Chicago, banyak makanan yang disukai anak muda dapat memicu peradangan dalam tubuh, misalnya makan siang daging, makanan penuh gula dan lemak trans.

“Tetapi jika kalian melakukan diet anti-inflamasi - buah, sayuran, minyak zaitun, seperti diet Mediterania – kalian akan mengurangi kram,” kata Christmas yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Bukti ilmiah telah menunjukkan makan makanan yang sehat, tidur yang baik dan berolahraga adalah langkah-langkah efektif dalam mengurangi durasi dan tingkat keparahan kram, kata Christmas. Tetapi dia mencatat bahwa penting bagi wanita untuk menemui penyedia layanan kesehatan.

"Pastikan tidak ada kondisi medis lain yang mungkin juga berkontribusi terhadap gejala tersebut," ujarnya.

Saat tubuh kita bersiap untuk menstruasi, sel-sel endometrium yang membangun lapisan di dalam rahim untuk menyambut sel telur yang telah dibuahi mulai rusak.

Ketika hal tersebut terjadi, sel-sel itu melepaskan sejumlah besar asam lemak yang disebut prostaglandin untuk membuat lapisan rahim berkontraksi dan mengeluarkan jaringan yang tidak digunakan. Tubuh juga melepaskan prostaglandin secara alami selama persalinan untuk membuka serviks untuk kelahiran.

Apa yang menyebabkan rasa sakit saat haid?

Prostaglandin bertindak seperti hormon, menyebabkan pembuluh darah dan otot polos menyempit, mengakibatkan kram dan nyeri. Menurut American Association of Family Physicians, para peneliti telah menemukan kadar prostaglandin lebih tinggi dan kontraksi rahim lebih kuat dan lebih sering pada wanita dengan nyeri haid daripada wanita yang memiliki sedikit atau tanpa rasa sakit saat menstruasi.

Studi menemukan makan makanan pemicu inflamasi hanya menambah ketidaknyamanan. Makanan olahan dan tinggi gula serta makanan berlemak dan berminyak adalah penyebab umum. Sebuah studi tahun 2018 menemukan mahasiswa yang makan lebih banyak makanan ringan memiliki lebih banyak rasa sakit selama periode menstruasi mereka.

Studi 2018 lainnya dari mahasiswa Spanyol menemukan wanita yang minum cola dan makan daging lebih mungkin menderita rasa sakit selama siklus mereka daripada wanita yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Faktanya, sebuah studi tahun 2020 menemukan wanita yang makan kurang dari dua porsi buah sehari lebih mungkin menderita rasa sakit selama siklus menstruasi mereka.

Dalam studinya, Sannoh menemukan sebagian dari masalahnya adalah ketidakseimbangan antara asam lemak omega-3 dan omega-6. Asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam makanan seperti salmon, tuna, sarden, tiram, kenari, chia, dan biji rami, bersifat anti-inflamasi. Penelitian telah mengaitkannya dengan pengurangan risiko banyak penyakit kronis yang dipicu oleh peradangan.

Asam lemak omega-6 menjaga kesehatan kulit, rambut, dan tulang serta membantu mengatur metabolisme, selain perannya dalam sistem reproduksi. Tetapi terlalu banyak asam lemak ini dapat menyebabkan peradangan ketika tubuh akhirnya memecahnya menjadi asam arakidonat, yang menurunkan ambang rasa sakit tubuh.

“Dari penelitian saya, saya menemukan bahwa orang dengan diet tinggi asam lemak omega-6, khususnya yang berasal dari produk hewani, memiliki kandungan asam arakidonat yang lebih tinggi di dalam tubuh, yang meningkatkan jumlah prostaglandin pro-inflamasi yang membantu rahim berkontraksi,” kata Sannoh.

"Bila kalian memiliki diet yang menyeimbangkan asam lemak omega-3 dan omega-6, dan mengurangi jumlah konsumsi makanan penyebab inflamasi, itu akan mengurangi pengalaman menstruasi yang menyakitkan," tambahnya.

Dua studi terpisah dari 2011 dan 2012 mengungkapkan wanita yang mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 mengurangi intensitas ketidaknyamanan menstruasi yang cukup untuk menurunkan penggunaan ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit. Dan sebuah studi tahun 1996 menemukan hubungan yang sangat signifikan antara asam lemak omega-3 dan gejala menstruasi yang lebih ringan pada remaja. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Sampel Batuan Mars Isyaratkan Planet Punya Air untuk Waktu yang Lama

Interest
Konten Selebriti di Instagram Bisa Sebabkan Perasaan Negatif Followers-nya