Lifestyle

3 Alasan Mendasar Kenapa Perasaan dalam Hubungan Bisa Memudar

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 6th 2022

Pernah merasakan situasi saat berbincang dengan si doi, tapi bercandanya sudah gak nyambung lagi? Atau saat lagi ada yang mengajak buat bertemu, rasanya sudah tidak tertarik lagi seperti dulu? Mungkin situasi tersebut menandakan bahwa perasaan dalam hubungan sudah memudar.

Ada tiga alasan utama di balik perasaan yang pudar, seperti yang dilansir Psychology Today.

Tidak merasa dihargai

Di awal hubungan mungkin kita akan merasa bahwa kita rela berkorban buat si doi. Namun, semakin ke sini, ada satu hal yang sulit buat dikorbankan yaitu perasaan dihargai. Kalau kita melakukan sesuatu dengan effort lebih, tapi nggak dapat reaksi yang diharapkan, dan terjadi berulang kali, tentu bakal lelah juga kan.

Perlu dicari tahu juga alasan satu pihak tidak memberikan penghargaan pada pasangan. Bisa jadi bagi pihak ini, hubungan bukan lagi prioritas atas, sehingga lebih fokus hal-hal lain selain hubungan.

Karena lebih fokus ke hal lain, tentunya kepekaan buat memberi perkataan baik, menanyakan kabar, dan tindakan-tindakan lain yang biasa dilakukan di awal hubungan. Makanya perlu buat meluangkan waktu khusus sebagai investasi hubungan biar hubungan tetap ada di prioritas atas.

Baca juga: 4 Tanda Hubungan yang Gak Akan Langgeng, Sering Gak Disadari dan Dianggap Wajar

Terjebak dalam pikiran destruktif

Pikiran seseorang adalah awal dari segalanya, termasuk hubungan. Kalau ada salah satu pihak yang punya banyak pikiran negatif tentang dirinya sendiri atau pasangannya, tentu ini akan menghambat hubungan. Contohnya adalah menganggap pasangan selalu/tidak pernah benar, menganggap satu kesalahan sebagai akhir dunia, atau merasa pasangannya harusnya paham tentang apa yang ia pikirkan.

Memang ada banyak banget alasan di balik pikiran yang destruktif, tapi langkah yang bisa dilakukan dalam hubungan adalah menjaga komunikasi dan keterbukaan sehingga pikiran-pikiran apa pun bisa dipahami.

Baca juga: Hubungan Pacaran Kalian Sehat atau Nggak? Cek dengan 5 Kebiasaan Ini!

Banyak perbedaan

Makin lama kenal, bakal makin banyak fakta tentang doi yang belum kita ketahui. Kalau faktanya ternyata pas dengan diri kita sih gak masalah, tapi kalau bikin kita merasa left out atau insecure, ini yang bahaya. Pada dasarnya, pasangan yang punya banyak kesamaan bakal lebih mudah menjalani hubungan.

Langkah yang bisa dilakukan dalam hubungan adalah mengomunikasikan ekspektasi satu sama lain, kompromi, dan temukan kesamaan yang bisa difokuskan.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa perasaan dalam hubungan romantis bisa perlahan menghilang. Semoga gak terjadi dalam hubungan kalian ya~

 

Gambar: Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Prinsip yang Harus Kamu Pegang saat Berpacaran biar Langgeng

Lifestyle
3 Tips Tahap PDKT sama Doi Bisa Berkembang Jadi Lebih Serius

Lifestyle
4 Tips Simpel buat Mencegah Perselingkuhan di Pacaran, Bukan Hanya Perlu Percaya