Lifestyle

3 Tips Jaga Circle Tetap Sehat, Jauh dari Orang Toxic dan Drama

Kezia Kevina Harmoko

Posted on October 3rd 2022

Punya circle yang positif tentu bakal bermanfaat buat kita. Makanya penting banget buat terhindar dari orang yang toxic. Nah, ada beberapa tips buat menjaga lingkaran pertemanan kita tetap sehat dan jauh dari drama, seperti yang dilansir Psychology Today.

Tentukan definisi “teman baik”

Kita semua pasti pengin punya teman yang baik. Masalahnya, “baik” menurut setiap orang itu standarnya beda. Nah, makanya perlu dibuat jelas dulu apa definisi dari teman yang baik. Apakah teman yang baik itu selalu bisa bantu pas susah, bisa jadi pendengar yang baik, atau apa? Kalau kita sendiri gak tahu apa yang kita perlukan, susah juga buat mulai mencari kan~

Memang nggak menutup kemungkinan buat kita ketemu teman justru mengenalkan lebih banyak kebaikan ke kita. Namun, kita tetap perlu menentukan “filter dasar” dulu nih biar kualitas teman yang kamu temukan gak terlalu jauh dari yang kita harapkan.

Baca juga: 4 Tanda Kalau Circle Pertemananmu Gak Suportif dan Harus Dihindari

Punya kesamaan nilai

Nilai mungkin terdengar klise, tapi ini penting lho. Misal kamu penginnya fokus di pendidikan biar bisa ngejar ini dan itu. Namun, temanmu beranggapan pendidikan itu gak penting dan lebih baik menikmati hidup. Otomatis yang kalian lakukan akan berbeda dan ada kemungkinan konflik.

Punya kesamaan nilai bukan berarti bakal selalu punya pendapat yang sama ya. Namun, setidaknya karena yang dikejar itu sama, kita bisa saling mengingatkan kalau ada yang keluar jalur—karena sudah sadar bahwa ada kesamaan nilai yang ingin dicapai.

Baca juga: 4 Langkah Memperkuat Pertemanan, Biar Gak Sekadar Nyapa atau Tanya Kabar Doang

Luangkan waktu secara khusus

Ketika kita sudah bertemu dengan orang-orang yang memang gak toxic dan sefrekuensi, penting buat menjaga hubungan dengan mereka. Ini bisa dilakukan dengan menjadwalkan pertemuan rutin buat ngobrol. Kalau memungkinkan, sediakan waktu khusus setiap bulannya buat bertemu di tanggal yang sama. Intinya sih teman yang nyambung itu gak perlu banyak-banyak kok, biar bisa tetap stay in touch dengan mereka semua~

Nah, itu dia beberapa tips menjaga lingkaran pertemanan tetap sehat. Semoga membantu! (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
4 Alasan Pertemanan Usai dan Cara Mencegah Hubungan yang Gak Baik

Lifestyle
5 Alasan Berteman sebelum Pacaran Bakal Menguatkan Hubungan

Lifestyle
5 Tanda Hubungan yang Makin Memburuk dan Akan Usai, Harus Segera Evaluasi