Current Issues

Mie Instan Indonesia Ditarik di Hongkong Karena Etilen Oksida, Senyawa Apa Itu?

Dwiwa

Posted on September 29th 2022

Sejumlah mie instan kemasan yang diimpor dari Indonesia telah ditarik dari peredaran oleh Center for Food Safety (CFS) alias badan keamanan pangan Hongkong. CFS menemukan Varian “Mie Goreng Sedaap Korean Spicy Chicken Flavour dengan tanggal kadaluarsa 19 Mei 2023 kemungkinan mengandung etilen oksida.

“CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian di bawah Program Pengawasan Makanan rutin. Hasilnya menunjukkan bahwa sampel mie, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida,” kata juru bicara CFS seperti dilansir The Standard.

Juru bicara itu menambahkan bahwa pengecer yang bersangkutan telah memulai penarikan pada batch produk yang terkena dampak.

Lalu, apa sih sebenarnya etilen oksida ini? Dan apakah zat ini berbahaya untuk tubuh? Mari kita cari tahu.

Laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menjelaskan jika etilen oksida berbentuk gas tidak berwarna, mudah terbakar dan berbau manis. Senyawa tersebut biasanya digunakan dalam produksi etilen glikol yang dipakai dalam beragam produk, seperti pelarut, antibeku, tekstil, deterjen, perekat, dan lain sebagainya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), orang yang terpapar etilen oksida kemungkinan akan mengalami beberapa efek samping. Misalnya saja seperti sakit kepala, sakit pada perut, muntah, diare, kesulitan bernapas, mengantuk, lemah, sangat lelah, kulit dan mata terbakar, serta menggigil.

Efek samping yang dirasakan ini bergantung pada berapa banyak dan lamanya seseorang terpapar etilen oksida. International Agency of Research on Cancer telah mengkategorikannya sebagai zat karsinogenik untuk manusia.

Sementara itu, Sheila Kansil, Head of Corporate Communication & CSR Wings Group Indonesia sudah melakukan klarifikasi jika proses produksi Mie Sedaap sudah sesuai dengan standar keamanan pangan yang berlaku.

Mie Sedaap juga sudah dinikmati konsumen di lebih dari 30 negara selama belasan tahun terakhir serta sudah memenuhi standar wajib ekspor termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk.

Sheila juga memastikan jika Mie Sedaap tidak menggunakan etilen oksida dan sudah mengantongi persyaratan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga aman untuk dikonsumsi. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Kenapa sih Rindu Itu Berat?

Current Issues
Berniat Piknik Saat Libur Lebaran? Pastikan 4 Hal Ini Agar Aman

Current Issues
WHO Klasifikasikan Varian Virus Corona India Sebagai “Perhatian Global”