Current Issues

BPOM Nyatakan Vaksin Covid -19 Buatan Dalam Negeri Bisa Digunakan untuk Dewasa

Dwiwa

Posted on September 29th 2022

Vaksin Covid-19 dalam negeri produksi PT Bio Farma, IndoVac, telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dilansir Antara, Kepala BPOM Penny K Lukito menyebut jika vaksin IndoVac sudah dapat EUA untuk vaksin primer dewasa atau usia 18 tahun ke atas.

Sementara itu, vaksin dalam negeri lain yang diproduksi PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang bekerja sama dengan peneliti Universitas Airlangga masih dalam uji klinik tahap akhir untuk vaksin primer dan booster.

Penny menyebut jika vaksin yang dikembangkan PT. Bio Farma dengan Baylor College of Medicine (BCM) ini juga sudah mengantongi sertifikat halal dari pihak berwenang di Indonesia setelah melalui rangkaian pemeriksaan proses produksi. Dia juga mengungkap bahwa semua vaksin dalam negeri halal.

Menurut Penny, EUA IndoVac menjadi syarat yang harus dipenuhi produsen sebelum dirilis di masyarakat. EUA ini juga menjadi jalan bagi vaksin IndoVac untuk dilakukan uji klinik sebagai booster.

Sebelumnya, Direktur Utama BUMN Farmasi PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir menyebut jika pihaknya siap memproduksi 20 juta dosis vaksin IndoVac untuk tahap awal. Jumlah ini bisa dinaikkan menjadi 40 juta dosis per tahun pada 2023 dengan penambahan produksi. Kapasitas bisa lebih banyak hingga 100 juta dosis per tahun pada 2024, tergantung pada kebutuhan dan permintaan.

Vaksin IndoVac sendiri diklaim memanfaatkan 80 persen tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam proses produksinya. Honesti mengatakan ini akan menjadi langkah menuju kemandirian sektor kesehatan di Indonesia. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri Diberi Nama Inavac dan Indovac

Current Issues
Biar Gak Bingung, Ini Panduan BPOM Soal Penggunaan Vaksin Bio Farma untuk Remaja

Current Issues
Tindaklanjut Putusan MA Soal Vaksin Halal, Kemenkes Izinkan Sinovac Jadi Booster