Lifestyle

Asics Bikin Sepatu yang Diklaim Paling Ramah Lingkungan

Tora Nodisa

Posted on September 29th 2022

Foto: Asics.com

Brand-brand sepatu dunia berlomba-lomba untuk membuat sepatu dengan embel-embel ramah lingkungan. Kali ini raksasa pakaian olahraga Jepang, Asics meluncurkan sepatu yang diklaim paling ramah lingkungan di dunia. Karena sepatu ini punya emisi CO2 terendah. 

Sepatu ini bernama Asics Gel-Lyte III CM 1.95. Angka di belakang nama tersebut menunjukkan bahwa sepatu tersebut mengeluarkan emisi CO2 (CO2e) dengan berat 1,95 kilogram selama siklus hidupnya. Klaim tersebut berdasarkan penelitian yang menunjukkan kadar CO2e dari semua sepatu yang tersedia di pasar. 

Sebagai gambarannya, setumpuk kertas A4 memancarkan 2,34 kilogram CO2e. Sementara, sepasang sepatu lari biasa, menghasilkan sekitar 13,6 kilogram. Sementara angka ini memang agak abstrak. Karena memang tidak bisa diukur secara pasti. Namun klaim Asics dengan 1,95 kilogram emisi CO2e, memang menunjukkan kalau produk mereka paling ramah lingkungan. 

Gel-Lyte III CM 1.95 ini dibuat dari busa karbon teknologi terbaru. Bahan ini merupakan perpaduan polimer berbasis bio yang sebagian besar berasal dari tebu. Selain itu, seratus persen energi terbarukan digunakan dalam fase manufaktur atau pembuatannya. Seluruh bagian sepatu menggunakan material yang lebih sedikit. 

Sebelum Asics, ada Futurecraft.Footprint yang membuat sepatu dengan emisi 2,94 CO2e. Memang bagus secara teknologi, namun para pengamat sneakers menyebut modelnya tidak begitu bagus. Maka proyek tersebut dianggap gagal. Lalu, keluarlah Asics Gel-Lyre III CM 1.95 yang tidak hanya lebih bagus secara teknologi, melainkan secara model. 

Mereka terlihat lebih seperti sepasang standar Gel-Lyte III (salah satu sepatu kets paling populer di jajaran Asics serta di antara sneakerhead dan pembeli kasual), yang merupakan nilai tambah yang besar. Jebakan umum yang dialami oleh 'eco-sneaker' adalah sering kali keras. Karenanya, tidak ada gunanya membuat sepasang sepatu kets yang lebih baik untuk planet ini jika tidak ada yang mau membelinya. Namun Asics membuktikan bahwa anggapan tersebut salah. Karena sepatu mereka lebih bagus. (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Vans Rilis Sepatu Ramah Lingkungan

Interest
5 Rekomendasi Sneakers Hitam yang Bikin Kamu Makin Stylish!

Lifestyle
AGE, Brand Sneakers Korea Mencoba Peruntungan di Pasar Amerika