Tech

Google Search Bakal Luncurkan Fitur Penerjemah Berita

Jingga Irawan

Posted on September 29th 2022

Dalam acara yang berfokus pada Google Search, Google mengumumkan bahwa mereka akan segera memperkenalkan cara untuk menerjemahkan liputan berita langsung dari Search. Hal itu diungkap perusahaan pada Rabu, 28 September.

Mulai tahun 2023, pengguna bahasa Inggris, misalnya, dapat mencari dan melihat tautan yang diterjemahkan ke hasil berita dari penerbit berbahasa Spanyol di negara-negara seperti Meksiko, selain tautan ke artikel yang ditulis dalam bahasa pilihan mereka.

“Katakanlah kalian ingin belajar tentang bagaimana orang-orang di Meksiko terkena dampak gempa berkekuatan lebih dari 7 skala Richter awal bulan ini,” manajer produk Google News Itamar Snir dan manajer produk Google Search Lauren Clark menjelaskan dalam sebuah posting-an blog.

“Dengan fitur ini, kalian akan dapat mencari dan melihat tajuk utama yang diterjemahkan untuk hasil berita dari penerbit di Meksiko, selain yang ditulis dalam bahasa pilihan kalian. Kalian akan dapat membaca liputan resmi dari jurnalis di negara ini, memberi kalian perspektif unik tentang apa yang terjadi di sana.”

Mengembangkan fitur dari terjemahan sebelumnya, fitur ini akan menerjemahkan berita utama dan artikel dalam bahasa Prancis, Jerman, dan Spanyol ke dalam bahasa Inggris sebagai permulaan. Dan akan berlaku bagi pengguna seluler maupun desktop.

Google telah bereksperimen dengan terjemahan berita sebelumnya, tiga tahun lalu menambahkan kemampuan untuk menampilkan konten dalam dua bahasa bersama-sama di aplikasi Google News.

Tetapi pengguna masih harus menerjemahkan konten melalui tombol terjemahan Chrome dan Google Translate. Agaknya, jika fitur terjemahan berita Google Search diterima dengan baik, itu akan berubah untuk lebih banyak bahasa di masa mendatang.(*)

Foto: Google

Artikel Terkait
Tech
Google Luncurkan Situs Web Baru untuk Belajar Membaca

Tech
Apa itu Chromebook?

Tech
Google Uji Coba Fitur Main Game Langsung dari Hasil Pencarian