Tech

WhatsApp Luncurkan Fitur 'Call Links', Video Call Bisa Tampung 32 Orang

Jingga Irawan

Posted on September 28th 2022

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengumumkan dalam sebuah posting-an Facebook bahwa mereka sedang mengerjakan fitur baru yang disebut "Call Links."

Seperti namanya, fitur "Call Links" memungkinkan pengguna berbagi link ke orang lain. Sehingga, mereka dapat bergabung dengan panggilan audio atau video hanya dengan menekan link.

Lebih penting lagi, panggilan video grup di WhatsApp sekarang akan mendukung 32 pengguna. Sebelumnya, batas untuk panggilan video grup di platform hanya delapan pengguna.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa aplikasi seperti FaceTime, Zoom dan Google Meet sudah memiliki fitur "Call Links" untuk sekarang. Tetapi mengingat populernya WhatsApp, fitur "Call Links" di Indonesia, pasti akan lebih nyaman untuk bergabung dengan panggilan di platform. Fitur ini akan mulai diluncurkan sekitar minggu ini.

Setelah tersedia, opsi untuk membuat "Call Links" dapat ditemukan di tab panggilan. Pengguna juga dapat membagikan tautan untuk panggilan audio dan video di tab tersebut. Link dapat dibagikan di platform lain dan memungkinkan pengguna bergabung dengan panggilan menggunakan satu ketukan. Sama seperti ketika bergabung dengan grup menggunakan tautan.

Dalam postingan tersebut, Zuckerberg melanjutkan dengan mengatakan bahwa mereka menguji fitur lain yang memungkinkan pengguna untuk memulai panggilan terenkripsi end-to-end hingga 32 orang. Tapi tak membagikan waktu kapan fitur ini akan diluncurkan.

Perlu dicatat bahwa halaman FAQ WhatsApp sudah menyatakan bahwa panggilan video di platform mendukung 32 pengguna. Sama dengan FaceTime Apple. WhatsApp mengatakan bahwa jika sebuah grup memiliki lebih dari 32 pengguna, pembuat panggilan harus memilih siapa yang dapat ditambahkan ke grup.

Awal bulan ini, WhatsApp telah menguji beberapa fitur baru seperti kemampuan untuk mencari pesan berdasarkan tanggal, menyembunyikan status online dari orang lain dan membaca pesan setelah dikirim. 

Foto: Will Carthart/Twitter

Artikel Terkait
Tech
Cara Mengetahui Apakah Kalian Diblokir Seseorang di WhatsApp

Tech
Pengguna WhatsApp Sekarang Punya Waktu Dua Hari untuk Hapus Pesan Terkirim

Tech
Facebook, WhatsApp, dan Instagram Pulih Setelah Down Enam Jam, Ini Penyebabnya!