Lifestyle

4 Cara Mengevaluasi Hubungan Romantis sebelum Ambil Keputusan Penting

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 25th 2022

Menjalani hubungan romantis pasti ada aja tantangannya. Kalau kalian lagi memasuki masa krisis dan tampaknya hopeless dengan masa depan hubungan, coba evaluasi hubungan kalian dengan empat poin di bawah ini, seperti yang dilansir Psychology Today.

Perhitungkan aksi, bukan sekadar kata-kata

Ini untuk melihat kualitas diri doi, coba ingat-ingat deh seberapa sering doi melakukan hal-hal yang memang sudah dijanjikan. Lebih banyak yang dijanjikan atau dilakukan? Memang sih sweet-talking itu bikin kita merasa lebih baik, tapi hanya sebentar. Kita juga perlu lihat tindakan yang dilakukan~

Seberapa sering bisa menerima saran

Dalam hubungan pasti ada perbedaan pendapat. Nah, lihat apakah doi bisa menerima perbedaan pendapat dan berdiskusi atau tetap merasa pendapatnya paling benar. Kalau doi jarang banget bisa menerima masukkan atau sulit terlibat dalam diskusi yang sehat, pertanda kurang baik nih.

Baca juga: 5 Tanda Hubungan yang Merenggang dan Gak Sehat, Perlu Evaluasi

Effort yang diberikan

Memang benar seharusnya dalam hubungan itu gak perhitungan, tapi di masa yang kritis kita juga perlu mengevaluasi apakah yang kita berikan sebanding dengan yang diterima. Ini gak hanya dari materi, tapi juga dari segi emosional. Pastikan kamu tahu bahasa cinta si doi dan hitung effort dari sana karena terkadang ada perbedaan antara bahasa cinta doi dan bentuk effort yang kita harapkan.

Baca juga: 5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Merusak Hubungan dan Perlu Segera Diubah

Perhatikan prioritas diri

Terkadang secara gak sadar kita sebenarnya sudah mulai mundur dari hubungan dengan memindahkan hubungan ke bagian prioritas yang lebih rendah dari sebelumnya. Refleksikan apakah ada perbedaan optimisme, harapan, hingga pandangan terhadap hubungan saat di awal menjalin hubungan dan saat ini.

Nah, itu dia beberapa cara buat mengevaluasi hubungan. Kalau kamu merasa semua poinnya merujuk ke hubungan yang kurang sehat, jangan ragu buat mengambil keputusan ya. (*)

 

Gambar: Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Merusak Hubungan dan Perlu Segera Diubah

Lifestyle
5 Tanda Hubungan yang Merenggang dan Gak Sehat, Perlu Evaluasi

Lifestyle
Tujuh Kesalahan Fatal yang Bisa Bikin Hubungan Rusak dan Sulit Diperbaiki