Sport

Hujan Deras di Motegi, Red Flag Berkibar dan FP3 Dibatalkan

Tora Nodisa

Posted on September 25th 2022

Foto: motoGP.com

Badai melanda sebagian kawasan di Jepang, termasuk kawasan Tochigi, Jepang, tempat sirkuit Twin Ring Motegi, pada hari Jumat (23/9) sore. Akibatnya sirkuit tersebut diguyur hujan deras, dan beberapa pembalap mengalami kecelakaan. Akhirnya Free Practice 3 (FP3) dibatalkan setelah red flag dikeluarkan. 

Aksi pembalap MotoGP, Moto2, da Moto3 terpaksa dihentikan karena badai hujan dan petir di Sirkuit Motegi. MotoGP seharusnya memiliki latihan 30 menit terakhir pada pukul 14:30 waktu setempat. Tetapi itu dibatalkan setelah penundaan sekitar satu jam hingga akhir kualifikasi Moto2. Pitlane dibuka kembali pada pukul 15:38 waktu setempat untuk mengakhiri Moto2 Q2, dengan kualifikasi MotoGP dimulai pada pukul 4 sore waktu setempat.

Semua manajer tim MotoGP dipanggil untuk pertemuan dengan asosiasi tim dan Dorna Sports tentang proses saat ini selama periode red flag. Penyelenggara MotoGP bertemu dengan tim Sabtu pagi untuk membahas gagasan mengubah jadwal kualifikasi. Hal ini disebabkan oleh cuaca buruk yang diperkirakan disebabkan oleh topan yang melanda wilayah tersebut.

Keputusan diambil untuk tidak mengubah jadwal hari Sabtu, yang seharusnya diselesaikan sebelum hujan deras yang tiba di awal Moto2 Q2. Jika kualifikasi masih dibatalkan jika hujan semakin parah, penyelenggara akan menjadwal ulang sesi yang akan berlangsung pada Minggu pagi atau grid akan didasarkan pada urutan gabungan dari akhir FP2. Uniknya, ketegangan karena situasi ini justru bisa diredam oleh media sosial resmi MotoGP sendiri. Mereka menunggah foto Mbak Rara. Foto tersebut langsung disambar komentar netizen.

Sepanjang sejarah MotoGP, kualifikasi terakhir berlangsung pada hari Minggu pagi pernah terjadi di tahun 2019, ketika angin kencang memaksa kualifikasi ditunda di Phillip Island di Australia. Sementara itu, terakhir kali grid dibentuk berdasarkan waktu latihan (FP) adalah pada tahun 2017 di Qatar, saat hujan memaksa kualifikasi dibatalkan.

Jika yang terakhir terjadi sama seperti di Qatar, maka pembalap Ducati Jack Miller akan start dari posisi terdepan untuk kedua kalinya dalam tiga balapan setelah ia memuncaki satu-satunya sesi kering akhir pekan Motegi pada hari Jumat dengan waktu 1 menit 44.509 detik. Tiga pesaing utama kejuaraan di Francesco Bagnaia , Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro masing-masing akan start di urutan kedua, ketiga dan keempat.

Pembalap Honda Marc Marquez memuncaki sesi FP2 yang diguyur hujan pagi ini sementara rekan setimnya Pol Espargaro menyebabkan bendera merah singkat karena kecelakaan di Tikungan 8. (*)

Artikel Terkait
Sport
Francesco Bagnaia Tercepat di GP Italia

Sport
Marc Marquez Kalah di MotoGP Virtual Race

Sport
3 Alasan Andrea Dovizioso Mundur dari MotoGP