Tech

Instagram Menambah Durasi Stories Menjadi 60 Detik

Jingga Irawan

Posted on September 24th 2022

Instagram tak akan lagi membagi video di Stories menjadi 15 detik per segmen. Dilansir Social Media Today, pengguna dapat mengunggah Stories berdurasi 60 detik langsung dalam satu segmen di Instagram. Tak lagi dibagi. Ini juga menjadi langkah cemerlang untuk anak perusahaan Meta tersebut saat bersaing ketat dengan TikTok. 

Seperti yang di-posting oleh pakar media sosial Matt Navarra, saat kalian memperbarui aplikasi Instagram, kalian akan mendapatkan pemberitahuan bahwa video di Stories tak akan lagi dipotong. Sehingga menonton cerita teman akan lebih halus dan tak tersendat.

“Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan pengalaman Stories. Sekarang, kamu dapat memutar dan membuat Stories terus menerus hingga 60 detik, alih-alih secara otomatis dipotong menjadi klip 15 detik,” kata Instagram saat mengkonfirmasi ekspansi video Stories baru ke TechCrunch.

Instagram telah menguji fitur ini dengan pengguna terpilih selama setahun terakhir. Perusahaan berharap fitur baru ini bisa mengintegrasikan opsi videonya, yang sejalan dengan tren video berdurasi pendek.

Oktober lalu, Instagram mematikan IGTV-nya, karena menggabungkan IGTV dan video feed ke dalam satu format. Sementara pada bulan Juli, Instagram mengumumkan bahwa semua video yang diunggah di bawah 15 menit akan di-posting sebagai Reels dan menyelaraskan berbagai format videonya.

Penggabungan opsi videonya bertujuan untuk menyederhanakan aplikasi, serta membantu Instagram memaksimalkan keterlibatan pengguna. Dengan membuat semua konten videonya dalam semua format yang sama, pengguna lain akan lebih terbiasa. 

CEO Meta Mark Zuckerberg baru-baru ini mencatat bahwa lebih dari 15 persen konten di beranda Instagram sekarang berasal dari orang, grup, atau akun yang tak diikuti pengguna. Sama seperti TikTok, AI di Instagram juga berkontribusi pada pengalaman pengguna. 

Zuckerberg mencatat bahwa ia mengharapkan untuk melihat jumlah itu lebih dari dua kali lipat pada akhir tahun depan.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Hilangkan Swipe Up, Instagram Siapkan Fitur Serupa Lewat Stiker

Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara

Tech
Instagram Stories Punya Tombol Likes Baru, Bisa Kirim Respons Tanpa DM