Tech

TikTok Luncurkan Tombol Dislike Komentar Bagi Semua Pengguna

Jingga Irawan

Posted on September 24th 2022

Pengguna TikTok sekarang punya cara untuk menunjukkan ketidaksetujuan terhadap komentar TikTok yang menyakitkan atau nggak berguna.

Setelah melakukan uji coba awal tahun ini, TikTok telah memulai peluncuran global untuk tombol komentar 'tidak suka' atau ‘dislike’. Seperti media sosial lainnya, kalian dapat menekan ikon jempol ke bawah untuk mengungkapkan ketidaksenangan, atau membatalkannya jika kalian tak sengaja menekan tombol tersebut.

Perusahaan merilis fitur dislike sebagai cara lain untuk mendapatkan feedback mengenai komentar yang tak relevan atau tak pantas. Idealnya, komentar dengan jumlah tak suka yang besar akan memperingatkan TikTok tentang ujaran kebencian, spam, atau trolling yang mungkin terlewatkan. Sehingga komentar yang lebih sehat akan lebih terlihat.

Meskipun begitu, TikTok menyadari potensi penyalahgunaan. Seperti YouTube, TikTok tak akan menampilkan jumlah berapa akun yang tak suka komentar tertentu. TikTok belum mengatakan apakah akan menindak penyalahgunaan tombol, tetapi belum diketahui bagaimana detil terkait sanksi yang diberikan perusahaan.

Ini bukan satu-satunya alat moderasi yang tersedia di TikTok, dan sumber daya gabungan dapat membantu perusahaan menangani bagian komentar. Masih banyak lagi cara TikTok untuk mengurangi pelecehan, penipuan dan konten berbahaya.

Sayangnya, TikTok masih memiliki masalah dalam mengendalikan misinformasi. Tombol dislike mungkin membantu, tetapi itu tak bisa memastikan ujaran kebencian dapat dihentikan.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
TikTok Luncurkan Creator Next, Bisa Jadi Ladang Cuan Bagi Kreator

Tech
TikTok Uji Coba Tombol Dislike untuk Komentar

Tech
YouTube Shorts Fund Resmi Diperluas Ke 70 Negara, Termasuk Indonesia!