Lifestyle

Sneakers Retro Paling Dicari di Tahun 2022

Tora Nodisa

Posted on September 23rd 2022

Foto: Nike.com

Memang tidak ada angka resmi, atau sekadar data yang menunjukkan sneakers di bawah ini memang laris. Tapi sebuah situs belanja dari Italia, Tiscali Shopping, berhasil membuat catatan menarik sepanjang sembilan bulan di tahun 2022. Mereka mengumpulkan fakta-fakta dari majalan mode, forum penggemar, hingga jumlah pembelanjaan di situs mereka sendiri. Hasilnya, ada lima sepatu retro paling laris tahun ini. 

5. Puma Wild Rider Rollin'

Untuk menambah wawasan kalian, sebenarnya Puma Rider sudah diproduksi sejak tahun 1970. Tetapi pada tahun 2021, DJ Mick yang sedang naik daun, membuat kolaborasi dengan Puma, yang menampilkan pembaharuan dari Puma Easy Rider II. Maka lahirlah Puma Wild Rider Rollin', yang saat ini digemari pasar. 

Bagi mereka yang menyukai chunky, ini jelas lebih sulit. Karena setelah bertahun-tahun di mana semua orang menginginkan sepatu dengan volume berlebihan dan tampilan yang penting, sekarang pasar berorientasi pada sneakers yang lebih ringan. Desainnya mengutamakan garis-garis penting dan bijaksana. Sehingga tetap terkesan elegan, namun tidak berlebihan secara desain. 

Pada tahun 2022 Puma berpikir untuk memberikan model paling ikonik, maka mereka membuat jalur warna baru. Tentu saja Puma Wild Rider Rollin', model dengan desain futuristik dengan berbagai lapisan dan tekstur yang bergantian memberikan tiga dimensi pada kain dan bentuk. 

4. Adidas Gazelle

Adidas Gazelle pertama kali dirilis tahun 1968. Tahukah kalian kalau sneakers ikonik ini dulunya didesain sebagai sepatu futsal, atau sepak bola dalam ruangan. Adidas Gazelle adalah cikal bakal sneakers Adidas dengan bahan suede, serta menampilkan tiga garis tegas di bagian samping. Karena setelah itu, "threep-striped" diadopsi oleh desain-desain yang lain. 

Gazelle tahun ini naik setelah Brad Pitt mengenakannya saat melintas karpet merah sebuah penghargaan film. Sontak beberapa marketplace kebanjiran order, untuk Adidas Gazelle. Sneakers ini punya karakter yang kuat, khususnya di musim semi dan musim gugur. Sebab, bahan suede tersebut terlihat elegan dan berkarisma ketika dipadukan dengan jas, gaun, atau pakaian formal. 

3. New Balance 9060

Kalau dilihat dari pemakainya, maka sepertinya seri 99X yang paling banyak dibeli. Tapi tunggu dulu, seri tersebut lebih diminati pria. Ternyata kalau pembeli wanita lebih menyukai New Balance 9060. Tahukah kalian kalau model ini dulunya adalah sepatu lari yang di buat New Balance pada awal tahun 2000-an. Model 9060 bisa dikatakan sebagai desain paling diminati di Puma. 

Untuk membedakan NB 990 dengan NB 9060 cukup mudah. Bagian belakang 9060 lebih menonjol ke arah tumit. Bahkan ada pengembangan dari beberapa pengamat sneakers, New Balance sering menaikkan outsole, seperti 9060 yang paling baru. Singkatnya, model NB 9060 memang dibuat cukup lama, tapi ternyata relevan untuk gaya sekarang. 

2. Air Jordan 1 Retro High

Air Jordan adalah merek Nike yang didedikasikan untuk pemain bola basket Michael Jordan, selama karir bintangnya antara tahun 80-an dan 90-an. Oleh karena itu, Air Jordan 1 Retro High sangat terkenal di kalangan anak basket. Tapi belakangan justru AJ 1 jadi item fashion yang melambangkan status pemakainya. Karena beberapa model dijual dengan harga yang cukup mahal. 

Di antara model yang diluncurkan oleh Air Jordan dalam beberapa tahun terakhir, Retro High 1 termasuk produk yang menyumbang keuntungan besar bagi Nike. Tak hanya itu, bahkan Nike sudah untung sejak tahun 1985, atau ketika AJ 1 muncul di pasaran. Skema warna yang menggigit dan sangat 80-an juga menentukan keberhasilannya. 

Tetapi berhati-hatilah, ternyata tidak semua orang tahu bahwa warna sepatu AJ 1 tidak selamanya terinspirasi dari Michael Jordan. Karena Jordan biasanya memakai sepatu berwarna putih, merah, dan hitam. Tapi AJ 1 dikeluarkan dalam beberapa warna, termasuk ungu. 

1. Nike Dunk Low Vintage

Sebenarnya, Air Jordan 1 Retro High bisa jadi sepatu yang paling laris dan diminati pasar. Tapi karena harganya yang mahal, membuat orang-orang berpikir dua kali untuk membelinya. Lalu sebagai sepatu yang terlaris di daftar ini adalah Nike Dunk Low Vintage. Model ini laris di pasaran karena kenyamanannya ketika dipakai dalam konteks perkotaan. 

Nike Dunk Low pertama kali dirilis tahun 1985. Sneakers ini awalnya berfungsi sebagai sepatu basket. Versi low-cut merupakan model yang paling standar. Ada yang bilang kalau sepatu basket jaman sekarang dengan low cut, dibuat setelah terinspirasi oleh Nike Dunk Low. Nike juga pandai memainkan warna sneakers tersebut. Karena pada akhirnya banyak yang berminat untuk membelinya. Sementara, harganya sendiri jauh lebih murah ketimbang Air Jordan. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Ini Dia Daftar Sneaker Hasil Kolaborasi Musisi Dengan Brand Ternama!

Interest
5 Rekomendasi Sneakers Hitam yang Bikin Kamu Makin Stylish!

Interest
5 Sneakers ini Cocok Banget jadi Kado Valentine