Tech

Aplikasi TikTok Now Populer di Luar AS, Terutama untuk Kalangan Gen Z

Jingga Irawan

Posted on September 22nd 2022

TikTok Now, aplikasi berdiri sendiri yang mirip dengan BeReal, sekarang tersedia untuk konsumen media sosial di luar AS. Sebelumnya, Fitur TikTok Now pertama kali diumumkan minggu lalu dan dibangun ke dalam aplikasi TikTok untuk pengguna AS.

Aplikasi ini telah mendapatkan daya tarik hanya dalam hitungan hari setelah dirilis pada 18 September. Perusahaan analitik Sensor Tower mengatakan pada The Verge bahwa TikTok Now berada di peringkat 10 aplikasi jejaring sosial teratas di 39 negara pada hari ini. Aplikasi itu juga berada di 100 aplikasi teratas secara keseluruhan di 24 negara.

Cara kerjanya sederhana. TikTok Now mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna sekali sehari. Yang meminta mereka untuk mengambil foto atau video dalam jangka waktu tertentu untuk dibagikan dengan teman-teman.

Seperti halnya BeReal, pengguna tak dapat melihat apa yang telah diposting oleh teman sampai mereka membagikan milik foto mereka sendiri. TikTok menambahkan fitur video 10 detik — meskipun BeReal hanya mengizinkan gambar diam — namun keduanya sangat identik.

Di aplikasi TikTok versi AS, tab Now muncul di sebelah halaman For You milik pengguna. Pada saat mengumumkan fitur Now, TikTok mengindikasikan bahwa itu dapat berkembang menjadi aplikasi mandiri di wilayah di luar AS. Perusahaan mengatakan sedang bereksperimen dengan Now selama beberapa minggu mendatang.

Saat popularitas BeReal melonjak, platform lain seperti TikTok, Instagram, dan Snapchat telah mengerjakan fitur yang serupa atau identik. IG Candid misalnya, ditemukan oleh ahli teknologi pada bulan Agustus, meskipun Instagram mengatakan IG Candid hanya prototipe internal dan tak tersedia untuk umum. 

Sementara, fitur kamera ganda Snapchat juga memiliki elemen tertentu seperti BeReal, yaitu kemampuan untuk mengambil foto menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Bedanya, Snapchat tak mengirim pemberitahuan acak setiap hari yang mendorong pengguna untuk memposting. 

Sejauh ini, BeReal telah berhasil memikat orang sebagai semacam platform media sosial dengan sifat anti-media sosial dengan cara kerja tak rumit. Platform lain kemungkinan menguji fitur mirip BeReal untuk melihat apakah mereka bisa melakukannya dengan lebih baik. (*)

Foto: TikTok

Artikel Terkait
Tech
Sukses dengan Video Pendek, TikTok Bakal Perluas Bisnis ke Layanan Musik

Tech
Salip Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh Sepanjang 2020

Interest
Alasan Kenapa TikTok Sulit Ditiru Aplikasi Lain