Tech

Teleskop James Webb Sukses Tangkap Gambar Terbaik Cincin Neptunus

Jingga Irawan

Posted on September 22nd 2022

Teleskop Luar Angkasa James Webb akhirnya bertatap muka dengan Neptunus. Planet terluar dari Tata Surya kosmik kita. Para peneliti telah membagikan gambar pertama Neptunus yang ditangkap oleh James Webb. Bahkan memberikan pemandangan terbaik dari cincin Neptunus selama lebih dari 30 tahun.

Gambarnya sangat terang. Bahkan memberikan tampilan pertama pada cincin berbasis debu dalam spektrum inframerah dari dekat. Pada panjang gelombang ini, planet Neptunus tak terlihat biru seperti di atlas atau Google. Karena ia menyerap begitu banyak inframerah dan cahaya merah sehingga tampak gelap.

Foto tersebut juga menunjukkan tujuh dari 14 bulan Neptunus yang dikonfirmasi, termasuk Triton ('bintang' di atas) serta Galatea, Naiad, Thalassa, Despina, Proteus dan Larissa. 

Neptunus adalah target yang sangat penting bagi para ilmuwan. Jaraknya cukup jauh.  Sekitar 2,8 miliar mil dari Matahari. Kondisinya juga cukup ekstrim. Seperti suhu yang sangat rendah dan orbit yang sangat panjang (164 tahun). Sehingga, mendapatkan tampilan Neptunus dengan cincin merupakan pencapaian luar biasa. 

Baca Juga: Mengenal James Webb, Teleskop Tercanggih NASA yang Segera Diluncurkan

Namun, temuan ini hanyalah awal dari studi menggunakan teleskop James Webb, dan para peneliti berharap untuk mengumpulkan lebih banyak pengamatan dari Neptunus dan Triton dalam tahun depan. 

Seperti pengamatan baru-baru ini untuk Mars dan Jupiter, para astronom masih mengumpulkan data awal. Penggemar astronomi mungkin harus menunggu beberapa saat lagi sebelum ada wawasan lebih lanjut yang bisa meningkatkan pemahaman kita tentang Neptunus dan ruang angkasa pada umumnya.(*)

Foto: NASA

Artikel Terkait
Tech
Teleskop Antariksa Tercanggih NASA Rilis Foto “Kedalaman” Alam Semesta

Tech
Mengenal James Webb, Teleskop Tercanggih NASA yang Segera Diluncurkan

Interest
NASA Akan Selidiki Planet Penuh Lava, Sampai Disebut Mirip Neraka