Tech

YouTube Bakal Izinkan Kreator Bikin Konten dengan Musik Berlisensi

Jingga Irawan

Posted on September 21st 2022

Permasalahan lisensi musik untuk para kreator konten YouTube akhirnya segera berakhir. Selama lebih dari satu dekade, kreator konten cukup kesulitan untuk membuat soundtrack video mereka dengan lagu berhak cipta. 

Kreator YouTube umumnya harus menggunakan musik bebas royalti agar video mereka tak di-demonetisasi. Menggunakan sebagian kecil lagu dari artis besar tanpa izin dapat mengakibatkan video diblokir atau dibisukan. 

Pada Selasa, 20 September, di acara Made on YouTube, YouTube mengumumkan Creator Music. Pasar baru bagi para kreator konten untuk menelusuri dan melisensikan musik dengan persyaratan dan tarif yang ditetapkan dengan jelas. Mereka juga dapat memilih untuk berbagi pendapatan dengan pemegang hak musik.

Marketplace ini gratis untuk digunakan. Sama seperti YouTube Audio Library yang sudah lama tetapi tak ketinggalan zaman. Creator Music menawarkan stok musik dan opsi efek suara gratis kepada kreator konten dari dalam Creator Studio.

Program baru ini dalam versi beta di AS dan akan diperluas ke negara lain tahun depan.

Baca Juga: 'House of the Dragon': Mengapa Disebut "Seven Kingdoms" Padahal Ada 9?

Billboard melaporkan bahwa YouTube telah mencapai kesepakatan dengan lebih dari 50 label, penerbit, dan distributor, meskipun sejauh ini, tampaknya tak termasuk label besar. 

"Beberapa ratus ribu" lagu akan tersedia untuk lisensi melalui Creator Music, kata YouTube kepada publikasi tersebut. 

Creator Music adalah salah satu pengumuman terbesar yang keluar dari acara YouTube hari ini dan permainan lain oleh YouTube untuk mencoba menarik pembuat konten ke platform. 

Baca Juga: Google Pixel 7 Bakal Dirilis 18 Oktober

Pekan lalu, perusahaan mengatakan sedang merombak cara orang menghasilkan uang di Shorts. Perusahaan menghilangkan dana kreator dan sebagai gantinya memulai program pembagian pendapatan iklan untuk bersaing dengan TikTok. (*)

Foto: YouTube

Artikel Terkait
Tech
Lawan Komentar Toxic, YouTube Lindungi Kreator dengan Fitur Baru Ini

Tech
Instagram Putuskan Fokus ke Konten Video, Bukan Lagi Media Sharing Foto

Tech
Gantian Jadi DJ dengan Group Session, Fitur Baru Spotify