Entertainment

Led Zeppelin Dapat 30 Miliar Rupiah untuk Satu Lagu yang Dirilis 50 Tahun Lalu

Tora Nodisa

Posted on September 21st 2022

Foto: Led Zeppelin News

Band rock asal London, Inggris, Led Zeppelin mendapatkan bayaran AS$2 juta, atau setara dengan 30 miliar rupiah untuk satu lagu. Padahal lagu tersebut mereka buat 50 tahun lalu. Bayaran mahal ini diperoleh setelah lagu Led Zeppelin dipakai sebagai soundtrack dalam film superhero. 

Led Zeppelin memiliki kesuksesan tangga lagu terbatas mungkin hanya beberapa yang terkenal seperti "Black Dog", "Whole Lotta Love", "Rock n Roll", hingga "Stairway to Heaven". Tapi satu lagu ini tiba-tiba membuat nama mereka terangkat lagi. Padahal band legendaris ini telah bubar pada tahun 1980, karena drummernya, John Bonham meninggal dunia. Lagu tersebut berjudul "Immigrant Song" yang masuk dalam album Led Zeppelin III di tahun 1970. 

Lagu ini memiliki ciri khas yang mudah dikenali. Riff gitar Jimmy Page yang memantul, diisi dentuman bass dari John Paul Jones sebagai pelengkapnya. Kemudian ketukan drum dari John Bonham, dan diawal lagu ada teriakan Robert Plant. Suara lagu membangkitkan misteri dan ancaman. 

Yup! Kalau kalian putar lagu di atas, tentu pernah mendengarnya. Ini adalah lagu yang sempurna untuk soundtrack film, dan harganya sangat mahal ketika sutradara Taika Waititi memasukkannya ke dalam Thor: Ragnarok pada tahun 2017. Namun, butuh lebih dari sekadar meminta Led Zeppelin untuk setuju. Marvel Studios memberi Led Zeppelin uang tunai senilai AS$2 juta atau setara 30 miliar rupiah untuk royalti. Bagi kita, tentu ini uang yang sangat besar. Namun nyatanya, uang tersebut hanya 1 persen dari biaya pembuatan film yang mencapai AS$180 juta. 

Tidak ada salahnya Waititi memiliki visi tentang bagaimana menggunakan "Immigrant Song" dalam film. Dia memasukkannya ke dalam trailer penggoda yang dia tunjukkan kepada band, yang katanya membantu meyakinkan Led Zeppelin yang pilih-pilih untuk menyetujui. 

"Ketika kami memiliki potongan trailer pertama dan menunjukkan kepada Led Zeppelin, mereka mengerti betapa sempurnanya lagu itu untuk karakter ini," kata Waititi kepada Business Insider. "Dalam lirik di bait pertama juga terdapat kalimat 'Hammer of God', yang memang tidak sengaja ditulis oleh Robert Plant."

Led Zeppelin adalah salah band terlaris sepanjang masa. Total rekor penjualan mereka diperkirakan antara 200 hingga 300 juta copy di seluruh dunia. Mereka mencapai delapan album nomor satu Inggris berturut-turut dan enam album nomor satu di Billboard 200 Amerika Serikat, dengan lima album mereka bersertifikat Diamond di Amerika Serikat. 

Majalah Rolling Stone menggambarkan mereka sebagai "big band ever" dan tidak diragukan lagi sebagai salah satu band paling dikenal dalam sejarah rock. Mereka dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1995. Band ini muncul setelah The Beatles mengalami keretakan dan hancur di tahun 70-an. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Dear Marvel Studios, Mana Trailer ‘Thor: Love & Thunder’?

Entertainment
Penjelasan Credit Scene ‘Thor: Love and Thunder’

Entertainment
‘Thor: Love and Thunder’ Tayang Perdana di Disney+ September Mendatang