Current Issues

Kontroversi di Balik Drama Twitter Afi, Natalie, dan Alana yang Bikin Bingung

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 19th 2022

Buat kalian warga Twitter, belakangan ini pasti timeline lagi ramai dengan kasus Si Afi, Natalie, dan Alana. Drama yang tampaknya punya potensi jadi serial psychological thriller ini menyita perhatian karena kisahnya yang menimbulkan banyak pertanyaan.

Ringkasan drama Afi Twitter

Afi adalah mahasiswi Psikologi dengan nama lengkap (tercantum di profil media sosialnya) Asa Firda Inayah Afi Nihaya Faradisa. Ia mahasiswi berprestasi dan aktif menulis di Facebook. Ia bahkan sempat diundang ke Istana Negara pada 2017 berkat karyanya, meski setelah itu diketahui bahwa beberapa tulisannya ternyata hasil plagiat.

Pada Sabtu, 17 September lalu ia mengetwit, intinya ia tidak terima pemilik akun @aulrevoir menyebut dirinya adalah orang yang sama dengan Natalie (akun @NatNatalie___). Natalie (sebelum akunnya hilang) suka mengunggah potret dirinya dengan pakaian minim dan sering menjunjung “pemikiran kritis”. Jadi secara penampilan sudah berbeda banget dengan Afi.

Muncul lagi akun bernama @seravineu yang membuat daftar bukti-bukti bahwa Afi, Natalie, dan Alana adalah orang yang sama. Alana (akun @AlanaThia) adalah akun yang vokal berpendapat tentang beragam hal, terkadang juga menyinggung soal agama, dan kadang disebut mengadu domba umat beragama. Singkatnya akun @seravineu itu membeberkan banyak banget kemiripan antara tiga “sosok” tersebut. Warganet kaget karena banyak kemiripan.

(Gambar: Twitter @seravineu)

 

Dugaan warga Twitter

Dari bukti- bukti yang ditemukan akun @seravineu, sebagian warga Twitter yakin bahwa Afi, Natalie, dan Alana adalah orang yang sama. Selain itu, ada juga yang berteori bahwa sebenarnya pemilik akun @aulrevoir (yang menyebut Afi adalah Natalie) dan akun @seravineu adalah orang yang sama.

(Gambar: Twitter @sasgaras)

Ini karena dalam bahasa Perancis, @aulrevoir mirip dengan “au revoir” yang berarti “selamat tinggal” dan @seravinue mirip dengan “sera venue” yang berarti “selamat datang”. Makna kontras nama-nama tersebut menimbulkan dugaan bahwa kedua akun tersebut dikelola oleh orang yang sama. Jadi satu akun memulai berita, satu akun mendukung kabar tersebut. Apa tujuannya memulai kabar tentang Afi? Masih belum jelas.

Sebenarnya masih ada beberapa teori lagi terkait kasus Afi ini, tapi yang jelas masih belum diketahui apakah Afi, Natalie, dan Alana itu adalah orang yang sama atau bukan. Well, mari kita nantikan kelanjutan kisahnya. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Liam Payne Ramai-Ramai Diblokir Pengguna Twitter, Alasannya Aneh

Tech
Twitter Hapus Fitur ‘Fleets’, Cuma Bertahan 8 Bulan karena Pengguna Sedikit

Tech
Twitter Ikutan Punya Fitur Story Bernama ‘Fleets’, Bisa Dipakai Semua Pengguna!