Sport

Kenalin Bacuya, Badak Jawa yang Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Dwiwa

Posted on September 19th 2022

Maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia telah resmi dirilis pada Minggu, 18 September 2022. Diberi nama Bacuya, bentuk maskot ini terinspirasi dari Badak Jawa bercula satu. Nama Bacuya sendiri merupakan singkatan dari Badak, Cula, dan Cahaya.

Sebagai maskot, hewan langka asal Indonesia tampak mengenakan Jersey merah putih dengan nomor punggung 23. Sementara pada bagian culanya dilukis warna-warni dan bisa bercahaya ketika bermain sepak bola bersama orang lain.

Cula warna-warni ini menjadi lambang penjaga talenta muda sekaligus mercusuar untuk masa depan sepak bola dunia. Energi Bacuya diharapkan bisa membawa keceriaan dan keseruan bagi para pemuda dan penggemar sepak bola di Indonesia dan seluruh dunia.

Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza mengatakan maskot resmi Piala Dunia U-20 akan menarik penonton yang lebih muda dalam turnamen yang menjadi fondasi kokoh dalam pengembangan bintang muda sepak bola di seluruh dunia.

“Bacuya akan berperan penting dalam mengajak anak-anak dan keluarga untuk datang ke stadion dan melihat para pesepak bola muda terbaik dunia berkompetisi menuju kejayaan tahun depan,” ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Sebelumnya, FIFA juga telah merilis logo resmi Piala Dunia U-20 2023 tepat di Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Logo tersebut terinspirasi oleh warna bendera Indonesia, laut biru kehijauan, dan arus yang mengalir melalui kepulauan.

Piala Dunia U-20 2023 sendiri rencananya akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga11 Juni 2023 mendatang. (*)

 

Foto: Instagram @fifaworldcup

Artikel Terkait
Interest
Mengintip Logo Resmi Piala Dunia U-20 2023 yang Bakal Digelar di Indonesia

Sport
6 Venue Piala Dunia U-20 2021, Termasuk Markas Persebaya Loh!

Sport
Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Masih 'On Schedule'