Sport

Menangkan Duel Lap Terakhir, Enea Bastianini Juara MotoGP Aragon 2022

Tora Nodisa

Posted on September 18th 2022

Foto: motogp.com

Pembalap Gresini Racing Enea Bastianini akhirnya mengalahkan Francesco Bagnaia untuk memenangkan MotoGP Aragon 2022. Sementara keunggulan nyaman Fabio Quartararo di klasemen hangus ketika dia mengalami kecelakaan yang melibatkan Marc Marquez. Tak hanya itu, Marquez juga menyebabkan kecelakaan yang menimpa Takaaki Nakagami. Ketiganya, Quartararo, Nakagami, dan Marquez harus meninggalkan balapan sejak lap pertama. 

Sebuah langkah brilian di tikungan satu kemudian diikuti oleh Bastianini yang melebar di tikungan 13, memberikan keunggulan untuk Bagnaia. Setelah hampir kalah satu detik tertinggal dari Bagnaia, Bastianini memulai serangan lagi saat dia nyaris menyamakan kedudukan dalam waktu setengah detik. Di posisi ketiga, Binder mulai menjauh dari Aleix Espargaro dan Miller setelah menekan di lap awal. 

Dengan dua lap tersisa, Espargaro membuat langkah sensasional pada Binder untuk mengklaim posisi ketiga, posisi yang ia pertahankan hingga bendera kotak-kotak, sementara Bastianini melakukan hal yang sama kepada Bagnaia untuk kemenangan di tikungan tujuh pada lap terakhir. Bagnaia tidak dapat merespons karena ia justru sepertinya puas dengan posisi kedua. 

Akhirnya di lap terakhir, Bastianini memberanikan diri untuk menyalip Bagnaia. Setelah berhasil memimpin lomba, Bastianini bisa mempertahankan posisinya hingga akhir. Bastinanini menjadi juara, kemudian disusul Bagnaia di posisi kedua, dan Aleix Espargaro di posisi ketiga. Hasil ini membuat Bagnaia hanya terpaul 11 angka saja (201 poin) dari pimpinan klasemen MotoGP 2020, Fabio Quartararo  (211 poin). 

Quartararo harus mengakhiri lomba lebih cepat karena kecelakaan yang disebabkan oleh Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu mengalami masalah di tikungan ketiga setelah start. Quartararo yang ada di belakang menjadi korban, setelah menabrak bagian belakang motor Marquez. Tak hanya itu, Marquez juga menyebabkan Takaaki Nakagami terjatuh. (*)

Baca juga: Marc Maquez Jadi Penyebab Dua Kecelakaan di Lap Pertama GP Aragon

Artikel Terkait
Sport
Francesco Bagnaia Tercepat di GP Italia

Sport
Marc Maquez Jadi Penyebab Dua Kecelakaan di Lap Pertama GP Aragon

Sport
Enea Bastianini Taklukkan Sirkuit Favorit Marc Marquez