Lifestyle

Apology Language, Cari Tahu Gaya Minta Maaf yang Lebih Dihargai

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 18th 2022

Love language alias bahasa cinta pasti sudah sering kita dengar. Namun, pernah tahu tentang apology language? Singkatnya apology language ini preferensi kita saat menerima permintaan maaf orang lain. Ada yang suka ketika dimintai pengampunan, ada yang lebih suka kalau ada rencana pencegahan, dan banyak lagi. Simak lima apology language di bawah ini.

1. Mengungkapkan penyesalan (expressing regret)

Di gaya permintaan maaf ini, seseorang menekankan pada perasaan negatif yang mereka rasakan karena berbuat salah. Contoh kalimatnya, “Aku sangat malu akan perbuatanku dan aku menyesal.”

2. Mengakui tanggung jawab (accepting responsibility)

Di gaya permintaan maaf ini, seseorang secara eksplisit mengakui bahwa mereka memang bersalah. Contoh kalimatnya, “Aku salah melakukan itu padamu.”

Baca juga: 4 Langkah Berhenti Minta Maaf Berlebihan saat Sebenarnya Kita Nggak Salah

3. Mengajukan pencegahan (planned change)

Di gaya permintaan maaf ini, seseorang langsung merencanakan apa yang akan mereka lakukan ke depannya dalam situasi yang sama untuk menghindari kesalahan terjadi lagi. Contoh kalimatnya, “Aku tahu tindakanku sangat menyakiti dan aku minta maaf. Ke depannya aku akan melakukan….”

4. Menawarkan restitusi (make restituition)

Di gaya permintaan maaf ini, seseorang menawarkan sesuatu sebagai usaha penebusan kesalahan mereka. “Aku minta maaf. Apa ada yang bisa aku lakukan untuk membuatmu merasa lebih baik?” Menawarkan beli makanan favorit atau ajak jalan-jalan masuk ke gaya satu ini.

Baca juga: 5 Tips Memaafkan Orang Lain agar Bisa Lebih Lega dan Move On

5. Meminta pengampunan (request forgiveness)

Di gaya satu ini, seseorang akan meminta maaf dengan bertanya pada orang yang telah mereka sakiti. Contoh kalimatnya, “Apa kamu bisa memaafkan aku karena tadi…?.” Jadi gak langsung menyatakan minta maaf, tapi benar-benar izin dulu saat minta.

Nah, itu dia lima apology language. Memang dibandingkan dengan love language, pembahasan ilmiah akan konsep ini masih belum banyak. Namun, kalau kamu sekadar penasaran dengan apology language kamu, tes singkatnya bisa mudah diakses di internet kok~

 

Gambar: 5 Love Language

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Biar Hubungan Bisa Langgeng, Perhatikan Red Flags yang Harus Dihindari

Lifestyle
5 Langkah biar Teman Dekat atau Pacar Bisa Lebih Terbuka dengan Perasaannya

Lifestyle
3 Jenis Gaya Kelekatan Pasangan, Harus Paham biar Nggak Salah Kasih Perlakuan