Lifestyle

10 Sepatu Vans Terbaik yang Pernah Dirilis Versi liveaboutdotcom

Tora Nodisa

Posted on September 16th 2022

Foto: Manchester Evening News

Paul Van Doren, serta dua saudaranya James dan Gordon C. Lee membuka toko Vans pertama dengan nama The Van Doren Rubber Company pada 16 Maret 1966, di 704 East Broadway di Anaheim, California. Sejak saat itu, lahirlah sebuah ikon fashion yang masih hot sampai sekarang, yakni sepatu Vans. Brand tersebut membuat produk untuk skateboard, selancar, dan BMX. Tapi efeknya jauh lebih luas lagi. Karena sepatunya justru jadi salah satu item fashion terkenal.  

Pada pembukaan hari pertama, ada 12 orang yang membeli sepatu Vans. Model sepatunya sama seperti produksi Keds, dengan sol yang lebih tebal. Inilah cikal bakal model "Authentic" yang masih dipertahankan sampai sekarang. Sampai akhirnya Vans memiliki banyak varian model dan warna, serta proyek-proyek kolaborasi. Kali ini, situs liveaboutdotcom mencoba membuat daftar 10 sepatu Vans terlaris:

10. Vans Era (Black/White)

Banyak orang sulit membedakan antara Vans Era dan Vans Authentic. Namun perbedaan mendasar dari kedua sepatu adalah bentuknya. Vans Era lebih ramping dibandingkan Vans Authentic. Sementara dari sisi kenyamanan, Vans Era lebih baik. Begitu juga dengan jalur warna yang dipakai untuk Era lebih banyak dibanding Authentic. 

Era punya 22 jalur warna berbeda. Sepatu ini juga tidak hanya memakai bahan kanvas sederhana saja. Era punya bahan kombinasi suede dan denim. Tetapi dilihat dari sisi sejarah, Era tidak bisa menyamai popularitas Authentic. Karena itu sepatu tersebut ada di urutan ke-10. 

9. SK8-Hi Caution Pack

Sepatu Vans SK8-Hi merupakan sepatu yang keren kalau kalian bisa memadukan dengan item fashion yang tepat. Salah satu varian dari model ini adalah Caution Pack. Sepatu ini pernah laris manis di pasaran karena warnanya yang keren. Sampai sekarang Vans masih melakukan produksi dalam skala besar untuk model ini. 

Vans Sk8-Hi Caution Pack memadukan dua bahan untuk upper, yakni suede dan kulit. Kemudian, garis-garis peringatan berwarna kuning muncul di bagian tengah, dalam sepatu, dan sol. Kombinasi warna yang kontras membuat Caution Pack terlihat mencolok. 

8. Vans Era 59 CA "Suede & Leather"

Seperti namanya, Vans ini dibuat dengan memadukan bahan suede dan kulit. Bahan Suede dipakai untuk bagian depan, sementara di bagian belakang dibuat dengan kulit berwarna hitam. Untuk sol sepatu, Vans memakai warna coklat tua sehingga terkesan elegan. Cocok dipakai saat memakai pakaian casual dan resmi. Sayangnya, kalau di Indonesia, agak sulit menemukan sepatu varian ini. 

7. Men's Vans Zapato Del Barco (Suede)

Zapato del Barco adalah sepatu model perahu/dek bergaya lama yang sengaja dibuat Vans untuk melengkapi koleksi untuk pria. Bahannya kanvas dan suede. Tapi yang paling laris berbahan dasar suede dengan warna-warna pastel. Sementara pinggiran sepatu dibuat kasar untuk menampilkan kesan usang. Sepatu ini cukup laris di pasaran, sehingga setiap toko Vans di dunia menyediakan varian Zapato del Barco. 

6. Supreme x Vans SK-Hi SL Public Enemy

Dari namanya saja, kita sudah tahu kalau varian yang satu ini adalah buruan sneakerhead. Supreme merupakan merek streetwear ternama. Sementara siluet SK-Hi membuatnya semakin terkesan menakutkan. Lalu Public Enemy masuk untuk menambah daya tarik sepatu ini. 

Di bagian sol sepatu, terdapat kalimat yang sangat identik dari album Publick Enemy yaitu "It takes a nation to hold us back." Koleksi ini dikeluarkan dalam dua macam warna. Pertama kombinasi hitam dan putih saja. Warna kedua adalah kombinasi kuning, hijau, dan merah.

5. Vans SK8 Hi Pearl Jam

Pasar Vans di dunia musik tidak hanya di era milenial saja. Karena pada tahun 1991, mereka pernah menggebrak pasar dengan mengeluarkan sepatu kolaborasi dengan Pearl Jam. Band beraliran grunge ini merilis album pertama mereka berjudul "Ten". Faktanya, personel band Pearl Jam juga menyukai skateboard. 

Vans membuat sepatu khusus untuk mereka dengan warna hijau dan kuning. Lalu varian kedua berwarna hitam. Garis di bagian tengah dibuat putih, dan memakai sol berwarna putih. Di bagian lidah sepatu terdapat logo Pearl Jam. Sepatu ini masih diproduksi sampai sekarang. 

4. Vans Era Rip Stop 

Untuk Vans model ini, tidak banyak dijual di toko. Tapi justru laris di eBay. Vans Era Rip Stop dirilis pada awal musim semi 2010. Sampai sekarang sepatu ini masih dicari pembeli di luar negeri. Khususnya bagi mereka yang sudah berumur di atas 30 tahun. Model-model klasik seperti ini selalu jadi favorit mereka. 

3. Vans SK8 Hi Standard Issue LX

Vans SK8 Hi Standard LX diluncurkan pada tahun 2010. Ini menjadi pembaharuan dari SK8 Hi Classic. Modelnya terlihat lebih segar dibandingkan varian klasik. Bahannya memakai kanvas dan suede. Perbedaan mendasar dari sneakers ini ada di panel sampin dan tag lidah. Warnanya juga beragam, tidak melulu hitam dan putih saja. 

2. Vans Classic Slip-On (Checkered)

Sederhana dan serbaguna, itulah yang menggambarkan Vans slip on klasik. Sepatu ini dibuat dengan beberapa pilihan warna. Namun yang paling laris adalah pola kotak-kotak. Tidak peduli di musim semi dan musim panas, sepatu ini selalu laris di pasaran. Pola kotak-kotak dibuat untuk memberi pemakainya kebebasan berekspresi. Vans merancang sepatu ini dengan baik, hingga diminati pembeli sampai sekarang. 

1. Vans Authentic Core Classic (Simple Black)

Sepatu skate kasual Vans Authentic Core Classic adalah sepatu pertama yang dibuat Vans. Modelnya tidak berubah sejak tahun 1966 hingga sekarang. Dari pemain skateboard profesional hingga kasir minimarket, semuanya suka dengan sepatu ini. Vans Authentic bisa dipadukan dengan pakaian kasual. Sepatu ini juga serbaguna, dan sangat terlihat di semua sub-budaya. Padahal dulunya dibuat untuk para skater. 

Mungkin kalian bertanya-tanya, di mana posisi Vans Old Skool? Ternyata, liveaboutdotcom menempatkan Old Skool sebagai sepatu paling laris, tapi bukan sepatu terbaik yang pernah dibuat Vans. (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Platform Sneakers Terbaik Pilihan Bustle Magazine

Lifestyle
Vans Siapkan Koleksi Terbaru untuk Peringatan Hari Jadi The Simpsons

Lifestyle
Vans Rilis Sepatu Ramah Lingkungan