Korea

SM Entertainment akan Mengakhiri Kontrak Produser dengan Lee Soo Man

Jingga Irawan

Posted on September 16th 2022

 

SM Entertainment sedang mempertimbangkan pilihan untuk mengakhiri kontrak layanan produksi yang ditandatangani dengan produser eksekutif Lee Soo Man. Ia merupakan orang di balik produksi artis terkemuka SM, seperti H.O.T., BoA, dan Girls' Generation.

Pada 15 September, SM Entertainment mengumumkan, “Kami sedang mempertimbangkan apakah akan mengakhiri kontrak produksi dengan perusahaan pribadi Produser Lee Soo Man ‘Like Planning’ lebih awal.”

“Eksekutif musik Lee Soo Man telah menyatakan kepada SM bahwa dia ingin mengakhiri kontrak lebih awal pada akhir tahun ini. Kami berencana untuk membahas secara mendalam dengan para pemangku kepentingan utama dampak dari penghentian dini kontrak produksi, bagaimana hal itu akan mempengaruhi bisnis kami”

Lee Soo Man mendirikan SM Entertainment pada tahun 1989. Ia menjadi anggota dewan direksi SM hingga 2010. Tak lama, ia mengundurkan diri namun tetap memegang peran dalam manajemen dan produksi.

‘Like Planning' adalah perusahaan pribadi produser eksekutif Lee Soo Man dan pemegang saham terbesar SM Entertainment. SM telah mengalihdayakan produksi ke Like Planning dan membayar royalti puluhan miliar KRW (jutaan dolar) ke Like Planning setiap tahun.

Align Partners Asset Management, yang memiliki 1,1 persen saham di SM, menunjukkan bahwa SM telah membayar KRW 142,7 miliar (USD 102 juta) royalti kepada Like Planning sejak listing di pasar saham hingga kuartal ketiga tahun lalu.

Ada juga dugaan bahwa pengumuman ini dimaksudkan untuk mengurangi oposisi dan tekanan dari pemegang saham, seperti Align Partners Asset Management, terhadap royalti berlebihan SM yang dibayarkan kepada perusahaan swasta produser eksekutif Lee Soo Man.(*)

Foto: Allkpop

Artikel Terkait
Korea
Jimin BTS Kokoh di Posisi Pertama, Ini Member Boy Group Populer di Korea Selatan

Korea
Mengapa Penggemar K-Pop Doyan Jual-Beli Photocard?

Korea
Drastisnya Perbedaan Gaya Rambut 10 Idol KPop Saat Debut dan Sekarang