Lifestyle

5 Cara Simpel Lebih Perhatian dengan Diri Sendiri biar Lebih Sehat Mental

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 15th 2022

Kita sering dengar istilah self-love, tapi sering juga nggak sih menerapkannya? Kemungkinan tidak. Padahal perhatian dengan diri sendiri itu penting lho agar kita tidak menjalani hidup seperti robot atau sekadar menjalani kegiatan dalam mode autopilot. Simak beberapa pertanyaan simpel ini biar lebih perhatian sama diri sendiri, seperti yang dilansir Psychology Today.

1. Apa yang kurasakan?

Ketika ada orang menanyakan kabar kita, mungkin kita akan otomatis jawab, “Baik.” Namun, kalau kita menanyakannya dengan diri sendiri, kita tidak perlu memalsukan jawaban. Nah, pertanyaan ini penting ditanyakan agar kita tidak sekadar berkegiatan tanpa tahu apa maknanya buat kita.

2. Bagaimana kondisi tubuhku?

Ketika dalam situasi tertentu, mungkin kita gak bisa berekspresi secara verbal, tapi ekspresi nonverbal akan tetap ada. Misalnya pas tegang kita merasa leher lebih kencang, pas lagi cemas merasa mual, dan banyak lagi. Menyadari kondisi tubuh sendiri akan membantu kita memahami perasaan yang sedang muncul.

3. Apa tema besar dari pikiranku?

Pikiran kita selalu berjalan, gak pernah enggak. Nah, dari pikiran yang terus berseliweran, kita perlu tahu apa tema besarnya. Ini agar kita tahu hal apa yang lagi benar-benar menempati pikiran kita dan bisa ambil tindakan pendukung jika diperlukan.

4. Bagaimana caraku merespons pada lingkungan atau situasi?

Saat kita berada di situasi tertentu, mungkin secara nggak sadar kita berperilaku berbeda dari biasanya. Nah, ini yang perlu direfleksikan. Mungkin kita gak langsung paham akan perasaan kita saat itu, makanya kita perlu mengevaluasi kembali respons kita biar kita tahu penyebab di balik perasaan tersebut.

5. Apa yang dirasakan indraku?

Teknik yang cukup dikenal adalah 5 4 3 2 1 grounding. Jadi kita perlu menemukan lima hal yang bisa kita lihat, empat hal yang bisa kita raba, tiga hal yang bisa kita dengar, dua hal yang bisa kita hirup aromanya, dan satu hal yang bisa kita rasakan dalam mulut kita. Ini membantu kita fokus di masa sekarang dan mengurangi kecemasan.

Lima pertanyaan di atas bisa kita tanyakan saat bangun tidur dan belum memegang gadget, pas lagi menyikat gigi, saat atau sesudah makan, saat lagi menunggu lampu lalu lintas, berjalan ke ruangan lain, setelah berbincang, saat ganti baju, saat menunggu lift. pas lagi berjalan, setelah berolahraga, dan banyak lagi. Nah, jangan lupa tanya kabar dirimu sendiri hari ini ya!

 

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
Patah Hati Ditinggal Teman Memang Jarang Dibahas, Tapi Kamu Wajar buat Sedih

Lifestyle
5 Langkah Sederhana Menghadapi Duka atau Kehilangan saat Pandemi

Lifestyle
4 Tips Hadapi Kekecewaan Biar Gak Berlarut-Larut dalam Kesedihan