Entertainment

Siapakah Adar, Sosok Misterius yang Memimpin Orc di 'Rings of Power'?

Jingga Irawan

Posted on September 15th 2022

Wajah kejahatan yang sebenarnya belum terungkap dalam The Lord of the Rings: The Rings of Power. Meskipun sudah hampir setengah jalan melalui musim pertama dari adaptasi J.R.R. Tolkien, kita hanya melihat sekilas simbol penguasa kegelapan Sauron.

Namun, series ini menunjukkan beberapa kode bahwa ada penguasa kegelapan lainnya selain Sauron. Dan kita sudah ditunjukkan salah satu penjahat baru dalam seri di episode ketiga, berjudul Adar.

Arondir dan sekelompok Elf tawanan dipaksa untuk membangun serangkaian terowongan. Setelah dia gagal memimpin tawanan lain dalam upaya pelarian, Arondir dibawa ke hadapan pemimpin Orc yang penuh teka-teki. Dia adalah sosok mengesankan yang dikenal sebagai “Adar” (Joseph Mawle).

Bagaimana asal usul Adar?

Meskipun Adar memimpin kekuatan gelap di seluruh Southlands, dia tampaknya bukan Orc. Arondir dan Elf tawanan lainnya membahas kemungkinan bahwa "Adar" adalah nama lain untuk Sauron sendiri. Tetapi berdasarkan penampilannya saja, Adar tak memiliki kesamaan dengan apa yang kita lihat tentang Sauron dalam kilas balik. Mungkinkah Adar menjadi Elf pertama yang diubah oleh Sauron sendiri?

Dalam mitologi Tolkien, Sauron bereksperimen pada banyak makhluk biologis di Middle Earth untuk menciptakan pasukan yang mengerikan.

Kita melihat sekilas proses perkembangbiakan ini dalam The Lord of the Rings: The Two Towers. Dalam bahasa Peri Silvan "Adar" adalah Sindarin untuk "ayah." Ini menunjukkan bahwa mungkin "Adar" adalah ayah dari para Orc, atau setidaknya memegang peran kepemimpinan dalam pasukan Sauron.

Novel-novel Tolkien memberikan beberapa cerita asal potensial yang berbeda untuk para Orc itu sendiri. Silmarillion menjelaskan bagaimana Morgoth mengubah Elf yang jatuh menjadi Orc, tetapi beberapa karya Tolkien lainnya merujuk bahwa Orc adalah makhluk berbeda yang rusak.

Sebagian besar mengindikasikan bahwa ada banyak keturunan Orc. Tetapi beberapa dari mereka mungkin adalah Elf yang jatuh. Mengingat posisi kekuasaan Adar di Southlands, tampaknya dia setidaknya bertanggung jawab pasukan khusus ini.

Gagasan bahwa penciptaan pasukan Sauron sedang berlangsung masuk akal mengingat lokasi episode tersebut. Di awal episode, Galadriel (Morfydd Clark) memeriksa simbol Sauron di Númenórean Hall of Law.

Baca Juga: 'The Lord of the Rings: The Rings of Power': Apa Itu Resonating?

Galadriel menemukan bahwa sigil itu sendiri sebenarnya adalah peta Southlands, karena para Orc sedang membangun serangkaian terowongan bawah tanah yang memungkinkan mereka bergerak diam-diam di siang hari. Berdasarkan apa yang kita ketahui dari The Lord of the Rings, Southlands adalah situs Mordor itu sendiri. Sepertinya kita sedang melihat pembangunan Gunung Doom di masa depan.

Casting Sebelumnya Memberikan Petunjuk Tentang Latar Belakang Adar

Casting yang dilakukan untuk The Rings of Power dapat memberikan beberapa petunjuk tambahan tentang kemungkinan latar belakang Adar. Meskipun pada saat itu ia disebut menggunakan nama samaran "Oren," Adar digambarkan sebagai "penjahat yang juga dapat membangkitkan rasa sedih mendalam dan terluka." Dia juga disebut sebagai "setengah baya," tetapi mampu "memproyeksikan rasa keabadian."

Proses produksi The Rings of Power telah diselimuti kerahasiaan, jadi setiap detail yang bocor tak boleh ditelan secara mentah-mentah. Namun, ini menunjukkan bahwa latar belakang Adar agak tragis. Mungkin saja dia pertama kali "berubah" selama pertengahan hidupnya, tetapi sihir gelap Sauron telah memungkinkannya untuk hidup untuk waktu yang lama.

Foto: Amazon Studios

Artikel Terkait
Entertainment
'The Lord of the Rings: The Rings of Power': Apa Itu Resonating?

Entertainment
Trailer Pertama ‘The Lord of the Rings: The Rings of Power’ Debut di Super Bowl

Entertainment
First Look Pertama Serial Prekuel ‘The Lord of the Rings’ Akhirnya Dirilis