Tech

Deretan iPhone yang Bisa Update iOS 16, Ada Ponselmu?

Dwiwa

Posted on September 13th 2022

Ada kabar gembira nih buat para pengguna iPhone. Pasalnya, Apple secara resmi telah merilis sistem operasi terbarunya iOS 16 pada Senin 12 September 2022.

Dalam rilis resminya, Apple mengungkapkan jika iOS teranyar ini hadir dengan membawa berbagai fitur menarik untuk iPhone. Beberapa di antaranya adalah aplikasi “Home” baru, mengedit dan membatalkan iMessage, lock screen yang bisa dikostumisasi, dan banyak lainnya.

Fitur yang paling menonjol dalam pembaruan ini adalah pada lock screen. Apple menyebut jika fitur barunya akan membuat lock screen jadi lebih personal, cantik dan berguna. Pengguna sekarang bisa menyesuaikan jenis font dan gaya penulisan.

Kalian juga bisa menambahkan Widget baru di lock screen. Hal ini akan memudahkan untuk mendapatkan informasi singkat soal tingkat baterai, alarm, cuaca dan lain sebagainya.

Pembaruan lain yang juga menarik perhatian adalah fitur iMessage. Di iOS 16, pengguna bisa mengedit atau menghapus pesan yang sudah dikirim. Pesan bisa diedit hingga 15 menit setelah dikirim, sedangkan rentang waktu pesan bisa dihapus hanya dua menit setelah dikirim.

Pengguna juga bisa menandai percakapan sebagai belum dibaca. Dengan begitu, kalian masih bisa ingat untuk membalas pesan tersebut di lain waktu.

Selain itu, di iOS 16 juga ada peningkatan mode Fokus. Dengan begitu, pemilik iPhone akan lebih mudah membuat Fokus dan transisi beberapa mode Fokus. Misalnya beralih antara pekerjaan dan penggunaan pribadi atau saat akan tidur.

Pengguna iPhone juga bisa lebih produktif dengan pembaruan aplikasi Mail. Kalian bisa menjadwalkan pengiriman email sebelumnya atau membatalkan pengiriman pesan sebelum sampai ke tujuan. Fitur lain yang juga hadir berupa penjadwalan email, notifikasi jika kalian lupa memberi lampiran atau menyertakan penerima, Remind Me, dan lain sebagainya.

Meskipun ada begitu banyak fitur yang diperbarui Apple di iOS 16, tetapi tidak semuanya akan hadir secarabersamaan. Misalnya saja fitur “Library” foto di iCloud untuk digunakan berbagi dengan keluarga akan dihadirkan dalam update berikutnya.

Selain itu, tidak semua iPhone bisa mendapatkan pembaruan ini. Hanya ponsel iPhone 8 atau yang lebih baru yang dapat melakukan update ke iOS 16. Berikut daftar lengkap seri iPhone yang bisa menjajal iOS 16.

- iPhone 8 series (iPhone 8 dan iPhone 8 Plus)

- iPhone SE generasi kedua dan ketiga

- iPhone X series (iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR)

- iPhone 11 series (iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max)

- iPhone 12 series (iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max)

- iPhone 13 series (iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max)

- iPhone 14 series (iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max).(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
3 Fitur yang Wajib Dicoba Pengguna iOS 16

Tech
Segera Rilis, iPhone 13 Bisa Terkoneksi dengan Satelit?

Interest
Apple Siapkan iPhone Terbaru dengan Harga Lebih Murah