Sport

Line-Up Pembalap MotoGP 2023 Hampir Selesai, Meski Musim 2022 Belum Usai

Tora Nodisa

Posted on September 11th 2022

Foto: MotoGP.com

MotoGP 2022 belum selesai, bahkan juaranya belum ada. Tapi line-up untuk musim 2023 sudah hampir lengkap. Terjadi pergeseran besar-besaran di MotoGP. Kalau dilihat secara sekilas, Aprilia dan Ducati yang punya ambisi untuk mengubah nasib untuk musim depan. 

Tiga hari yang lalu, akun Instagram resmi MotoGP mengeluarkan roster terbaru untuk musim 2022. Beberapa pembalap pindah tim, dan ada tim yang belum punya pembalap kedua. Postingan ini memicu reaksi dari pembalap, termasuk Aleix Espargaro yang mengungkapkan pendapatkan melalui podcast MotoGP di Motorsport.com. Espargaro memberi ucapan selamat kepada Enea Bastianini yang bakal tampil membela Ducati Racing untuk musim depan. 

Menurut Espargaro, Bastianini belum pantas menerima kehormatan sebagai pembalap pabrikan Ducati. Sebab, masih ada Jorge Martin yang lebih baik darinya. Tapi prestasi Gresini akhir-akhir ini bagus, dan makin membuat Bastianini populer. Sehingga Ducati lebih memilihnya. Sedangkan Jorge Martin akan berada di tim Pramac Ducati. 

"Saya akan memilih Martin. Bukan karena saya temannya, namun saya melihat kemampuannya," kata Espargaro. 

Selain Ducati, Aprilia sepertinya memiliki ambisi untuk menjadi juara musim depan. Mereka akan turun dengan duet Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Sebagai pengganti Enea Bastianini, Gresini Racing akan menurunkan Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez. Sedangkan dari Repsol Honda, Marc Marquez akan berduet dengan Joan Mir. 

"Bagi saya, Jorge Martin adalah pembalap yang memiliki stabilitas dan kecepatan. Jorge Martin mungkin paling deka dengan Marc Marquez kalau disandingkan dalam balapan. Tetapi pilihan jelas ada di tangan Ducati," kata Espargaro. 

Sementara itu, peserta MotoGP 2023 akan berkurang dua pembalap. Tim Suzuki memilih mundur, sehingga musim 2022 ini akan jadi balapan terakhir bagi tim asal Jepang tersebut. Tapi dua pembalapnya sudah mendapatkan tim baru. Mir akan berduet dengan Marc Marques di Repsol Honda. Sedangkan Alex Rins diterima oleh LCR Honda. Namun dia belum punya partner dalam balapan. (*)

Artikel Terkait
Sport
Fabio Qaurtararo Kukuh di Puncak Klasemen Setelah Menang di GP Barcelona

Sport
Tak Mampu Ikuti Jejak Kakaknya, Alex Marquez Bakal Diganti Alex Rins

Sport
MotoGP Rilis Protokol Kesehatan, Ketat Sejak Seminggu Sebelum Balapan