Sport

Hasil DBL Surabaya: Rival Lama Bakal Bertemu di Sweet Sixteen

Jingga Irawan

Posted on September 11th 2022

Setelah menyingkirkan dua sekolah di grup awal dan menjegal satu sekolah lainnya di playoffs, enam tim pertama yang masuk Sweet Sixteen Honda DBL with KFC 2022 East Java Series - North Region tentunya mulai menata strategi baru. Ada rival lama yang akan bertemu. Ada juga rival baru yang sama kuatnya akan bertanding nanti. 

Siapa saja mereka? Berikut hasil babak playoffs pada Sabtu, 10 September 2022:

SMA Gloria 1 Surabaya vs SMA Nation Star Academy

Pertemuan tim putra SMA Gloria 1 Surabaya dan SMA Nation Star Academy (NSA) menjadi partai pembuka babak sengit kali ini. Sama-sama memiliki harapan tinggi untuk Honda DBL, kedua sekolah saling memberi tekanan di awal pertandingan. Sayangnya, permainan putra Gloria 1 jauh lebih rapi dari NSA. Membuat mereka unggul dengan skor 67-32 atas NSA.

SMA Gloria 1 Surabaya akan bertemu sang juara bertahan, SMA St. Louis 1 (Sinlui) Surabaya, dalam pertandingan Sweet Sixteen selanjutnya. Skuad Gloria siap memperjuangkan juara dan berjanji untuk tingkatkan latihan. Pada Honda DBL 2021, Sinlui berhasil hentikan perjuangan putra Gloria untuk melaju ke final. Apakah keadaan akan berubah? layak kita tunggu.

Baca Juga: Duel Tim Dominasi Tinggi, Gloria 1 Jegal Harapan NSA ke Sweet Sixteen 

SMA St. Louis 1 Surabaya vs SMA Cita Hati West Surabaya

SMA Cita Hati West (CHW) Surabaya bertemu dengan pemegang kampiun bertahan selama tiga tahun berturut-turut, yakni SMA St. Louis 1 (Sinlui) Surabaya. Tampil full power dan ditaburi puluhan serangan, tim putra CHW kerahkan semua hasil latihan selama ini. Namun Sinlui memang lawan yang tangguh.

Daniel Nicholas Delin dan timnya sukses menumbangkan CHW dengan skor 75-19. Selanjutnya, Sinlui akan bertemu SMA Gloria 1 Surabaya. “No Comment sih, pokoknya hajar aja lah,” ujar Daniel mengenai perjumpaan dengan Gloria 1. 

Baca Juga: Jumpa Gloria 1 di Sweet Sixteen, Sinlui 1: Hajar Aja!

SMAN 3 Sidoarjo vs SMA Petra 5 Surabaya

SMAN 3 Sidoarjo (Smantig) telah berjumpa dengan SMA Petra 5 Surabaya. Pertemuan mereka di babak playoffs hari ini penuh rivalitas. Tim putra Smantig telah melakukan kejar-kejaran poin dengan putra Petra 5 sejak peluit tipoff dibunyikan. Namun, tembakan tripoin dari Yeheskiel Kaat membuat Smantig makin menjauh dari Petra 5.

Smantig akhirnya unggul atas Petra 5 dengan skor 30-23. Membuat Yeheskiel dan timnya melaju ke Sweet Sixteen. Namun, Smantig harus tetap fokus dan menerapkan evaluasi yang diberikan sang pelatih. Pasalnya, mereka akan bertemu SMA Ciputra Surabaya nanti. 

Baca Juga: Berhasil Move On, Smantigda Membawa Pulang Tiket Sweet Sixteen

SMA Ciputra Surabaya vs SMAN 10 Surabaya

Pertahanan SMA Ciputra Surabaya semakin kuat. Itu terlihat dalam babak playoffs terbaru saat mereka  melawan SMAN 10 Surabaya (Bigten). Mengantongi permainan apik tentunya membuat putra Ciputra sukses melangkahi Bigten. Tim asuhan Soewondo itu menyusul SMA St. Louis 1 Surabaya dan SMA Gloria 1 Surabaya ke Sweet Sixteen.

Baca Juga: Ciputra Hentikan Bigten, Susul Gloria dan Sinlui ke Sweet Sixteen

SMAN 16 Surabaya vs SMAN 4 Surabaya

Derbi sekolah negeri dari Surabaya kali ini sukses panaskan DBL Arena Surabaya. Mereka adalah SMAN 16 (Sixteen) Surabaya dan SMAN 4 (Tetra) Surabaya. Melaju ke playoffs membuat kedua sekolah tersebut main ngosek sejak kuarter pertama berjalan. Namun, Sixteen membangun benteng defense cukup kokoh di lapangan.

Hasilnya, Sixteen berhasil unggul atas Tetra dengan skor 90-8. Membuat Tetra harus mengucapkan selamat tinggal dari gelar Sweet Sixteen musim ini.

Baca Juga: Sweet Sixteen untuk Skuad Sixteen!

SMA Cita Hati East Surabaya vs SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Setelah menyingkirkan dua sekolah lainnya di grup T, SMA Cita Hati East (Cheetah) Surabaya turun ke arena hari ini. Cheetah kembali mengeluarkan taringnya saat melawan SMA Muhammadiyah Sidoarjo (Smamda). Tak bisa meredam serangan bertubi-tubi, Smamda harus mengakui keunggulan Cheetah dengan skor 62-34. 

Hasilnya, SMA Cita Hati East Surabaya akan bertemu SMAN 16 Surabaya di babak Sweet Sixteen. Meskipun menang mudah atas Smamda, Ernest Koswara, coach dari Cheetah, berjanji akan memperbaiki permainan untuk menghadapi Sixteen. 

Baca Juga: Optimistis! Cheetah Siap Bertemu Skuad Sixteen di Babak 16 Besar

Artikel Terkait
Sport
Jadwal DBL Surabaya: Playoffs Dimulai, 12 Sekolah Siap Berperang Hari Ini

Sport
Highlight DBL Seri Surabaya: Dukungan Alumni dan Keinginan Lawan Juara Bertahan

Sport
Sambut Weekend, Honda DBL East Java Series Bawa 8 Sekolah Turun ke Arena