Interest

Ada Perubahan Seleksi Masuk PTN, Siswa SMA Sederajat Wajib Tahu

Dwiwa

Posted on September 10th 2022

Buat kamu yang tahun depan mau masuk kuliah dan mengincar perguruan tinggi negeri (PTN), ada kabar penting nih. Pasalnya belum lama ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim baru saja meluncurkan transformasi baru seleksi masuk PTN lewat Merdeka Belajar episode 22.

Dilansir dari Antara, Nadiem mengatakan jika perubahan diperlukan untuk menjembatani transformasi kebijakan yang telah dilakukan di pendidikan dasar dan menengah, dan pendidikan tinggi. Ada beberapa perubahan mendasar yang dilakukan, termasuk mendorong pembelajaran yang menyeluruh, lebih fokus pada kemampuan penalaran, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik.

Saat ini, ada tiga jalur yang digunakan untuk masuk PTN, yakni berdasarkan prestasi, seleksi nasional lewat tes, dan seleksi mandiri. Ketiga jalur ini lah yang akan dilakukan perubahan. Perubahan yang cukup menarik perhatian adalah jalur IPA dan IPS untuk seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tidak lagi dibedakan dan tes mata pelajaran dari materi ujian dihapus.

Seleksi Nasional berdasarkan prestasi

Dalam seleksi ini fokus pada pemberian penghargaan tinggi atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah. Caranya adalah dengan pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran. Diharapkan peserta didik terdorong untuk berprestasi di seluruh mata pelajaran secara holistik.

Sementara untuk pembobotan sisanya, maksimal 50 persen diambil dari komponen penggali minat dan bakat. Hal ini bertujuan agar peserta didik terdorong untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya secara lebih mendalam.

Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) akan digantikan dengan seleksi nasional berdasar prestasi. Menurut Nadiem, untuk sukses di masa depan peserta didik perlu memiliki kompetensi yang holistik dan lintas disipliner. Karena itu jalur SNMPTN sebelumnya di mana calon mahasiswa dipisahkan berdasar jurusan di pendidikan menengah dianggap kurang sesuai.

Seleksi Nasional berdasar tes

Nantinya, seleksi ini akan berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Sebelumnya, pada jalur Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) ujian dilakukan dengan menggunakan banyak materi dari banyak mata pelajaran.

Menurut Mendikbudristek, secara tidak langsung ini memicu menurunnya kualitas pembelajaran. Selain itu peserta didik yang kurang mampu menjadi lebih sulit untuk sukses di jalur tersebut.

Tetapi untuk kali ini, Nadiem mengungkapkan jika tidak akan lagi ada tes mata pelajaran. Nantinya hanya akan ada tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Soal akan lebih menitikberatkan kemampuan penalaran, bukan hafalan.

Hal ini akan membuat proses seleksi jadi lebih adil. Calon mahasiswa pun bisa mempunyai kesempatan untuk sukses lewat jalur seleksi nasional berdasarkan tes.

Seleksi mandiri PTN

Seleksi masuk PTN jalur mandiri juga mengalami transformasi. Pemerintah akan mengatur seleksi diselenggarakan secara lebih transparan dengan mewajibkan PTN melakukan beberapa hal sebelum dan sesudah pelaksanaan seleksi mandiri.

Sebelum seleksi mandiri, PTN wajib mengumumkan beberapa hal termasuk jumlah calon mahasiswa yang akan diterima masing-masing program studi/fakultas dan besaran biaya atau metode penentuan besaran biaya yang dibebankan bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi.

Selain itu, metode penilaian calon mahasiswa yang terdiri atas tes secara mandiri, kerja sama tes melalui konsorsium perguruan tinggi, memanfaatkan nilai dari hasil seleksi nasional berdasarkan tes, maupun metode penilaian calon mahasiswa lainnya yang diperlukan juga harus diumumkan.

Sedangkan setelah pelaksanaan seleksi mandiri, PTN wajib mengumumkan beberapa hal. Di antaranya adalah jumlah peserta seleksi yang lulus seleksi dan sisa kuota yang belum terisi; masa sanggah selama lima hari kerja setelah pengumuman hasil seleksi; dan tata cara penyanggahan hasil seleksi.(*)

Ilustrasi: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
4 Perguruan Tinggi Swasta Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu Buat Lanjut Kuliah

Interest
Gagal SNMPTN? Nggak Usah Khawatir, Masih Ada 3 Cara Lanjut Kuliah di PTN!

Portrait
Gagal di SBMPTN? Nggak Masalah!