Tech

Cara Mengenali Baterai Ponsel yang Berpotensi Meledak, Kamu Wajib Tahu!

Dwiwa

Posted on September 7th 2022

Ponsel modern sebenarnya telah dibekali dengan baterai yang relatif stabil dan aman untuk digunakan. Tetapi terkadang, karena satu dan lain hal baterai di dalam ponsel maupun perangkat lainnya bisa mengalami kerusakan hingga akhirnya menimbulkan potensi bahaya.

Meski terdengar mengerikan, tetapi sebenarnya ada tanda-tanda khusus yang muncul ketika baterai sekarat. Jika kamu dapat mengenali gejala ini tepat waktu, risiko bencana, seperti perangkat terbakar atau meledak tentu bisa dihindari.

Dilansir Life Hacker, berikut beberapa tanda-tanda baterai sekarat yang harus kamu waspadai.

1. Daya tahan baterai berkurang secara signifikan

Ini adalah tanda paling pasti dari kualitas baterai yang menurun. Sebagian besar gadget yang kita gunakan memiliki baterai lithium-ion, yang memiliki masa pakai terbatas.

Ketika baterai diisi ulang, kapasitasnya untuk menahan muatan terus berkurang. Inilah sebabnya mengapa ponsel lama memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih rendah daripada rekan-rekan baru mereka.

Jadi jika smartphone kamu baterainya terjun dari 100 persen ke nol dalam beberapa jam, ini harus dianggap sebagai tanda baterai yang rusak. Hal terbaik untuk mengatasinya adalah mengganti dengan perangkat baru atau mengganti baterai dari pusat layanan resmi.

2. Baterai bengkak

Apakah perangkat kamu menonjol di area baterai? Di smartphone, panel belakang mulai melengkung dan melebar; di laptop, pembengkakan terjadi di bawah keyboard. Ekspansi ini bisa disebabkan oleh baterai yang membengkak.

Jika baterai bengkak, segera berhenti menggunakannya. Hubungi tukang servis profesional untuk meminta saran bagaimana cara aman untuk membuang baterai bengkak. Setelah itu, gantilah dengan yang baru secepat mungkin.

Ketika menunggu menunggu penggantinya, jangan simpan baterai yang membengkak di dalam rumah atau tempat lain yang dapat terbakar.

3. Muncul asap atau bau tajam dari perangkat

Ini adalah tanda yang sudah sangat jelas. Segera jauhkan ponsel dari benda apa pun yang kamu sayangi. Jauhkan perangkat dari rumah dan simpan di permukaan seperti beton yang tidak dapat menyebarkan api.

Penting juga untuk menghindari menghirup asap apa pun yang keluar dari perangkat. Asap ini sangat beracun.

4. Baterai bocor

Jika cairan bocor dari baterai perangkat, kamu harus melakukan tindakan pencegahan yang sama seperti yang dijelaskan sebelumnya untuk memastikan baterai tidak meledak di dekatmu. Hubungi tukang servis profesional untuk mendapatkan saran tentang cara membuangnya dengan benar.

5. Perangkatmu rusak

Kerusakan berupa layar retak mungkin bukan masalah besar. Tetapi jika perangkatmu rusak parah, inilah saatnya untuk mulai berpikir adanya bahaya kebakaran.

Misalnya, jika sebuah mobil melindas laptopmu, hindari mencoba untuk mem-boot-nya dan segera mengirimkannya untuk diperbaiki (jika masih ada yang perlu diperbaiki). Penggantian baterai adalah ide yang baik dalam kasus ini, karena baterai yang rusak juga dapat meledak tanpa banyak peringatan. (*)

 

Ilustrasi: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Baterai Rusak Bisa Bikin Gawai Meledak, Begini Cara Mencegahnya

Tech
6 Fakta Soal Baterai Ponsel yang Mungkin Belum Kalian Tahu

Lifestyle
8 Cara Agar Baterai HP Androidmu Tahan Lama Selama Karantina