Lifestyle

Hubungan Kanye West dan Adidas Tidak Harmonis

Tora Nodisa

Posted on September 6th 2022

Foto: Complex

Kembali berlajar soal bisnis sneakers. Kali ini ada kabar mengenai hubungan Kanye West dan Adidas yang mulai tidak harmonis. Keretakan ini terjadi setelah Adidas dianggap melakukan beberapa kecurangan dalam kolaborasi mereka. Namun ada pula yang menyebut kalau Adidas berada di sisi yang benar. Sebab, penjualan produk kolaborasi dengan Ye (nama beken Kanye West) tidak begitu bagus. Sehingga Adidas melakukan manuver. Namun Ye tidak suka dengan hal tersebut. 

Menurut laporan Georgia Gilbert dari situs mode Sole, Kanye menyiratkan bahwa dirinya siap meninggalkan Adidas. Itu terlihat dari akun Instagram Kanye yang secara terang-terangan mengkritik merek yang sudah diajak kolaborasi sejak tahun 2014 tersebut. Adidas dituduh menyalin desain yang dibuat Kanye. Dia juga menuduh Adidas sudah merilis colorways tanpa persetujuan darinya. Kemudian, Adidas mempekerjakan mantan General Manager DC Comis Daniel Cherry dalam proyek kolaborasinya. Inilah hal-hal yang menjadi faktor keretakan hubungan kerjasama kedua belah pihak. 

Sejak menandatangani kesepakatan pada tahun 2014, Ye berhasil membuat gebrakan baru di Adidas. Dia membuat proyek kolaborasi selalu sukses di pasaran. Tetapi selama setahun terakhir ini, segalanya tampak agak sulit untuk Adidas x Yeezy. Padahal bila dirunut ulang, Kanye -lah yang dulu meninggalkan Nike untuk bergabung dengan Adidas. 

Namun, meski dia meninggalkan Nike sejak 2013, ternyata Kanye tidak benar-benar hidup tenang. Rapper tersebut terlibat sengketa royalti dengan Nike. Termasuk perselisihan dengan CEO Nike, Mark Parker, karena Ye pergi ke Adidas dengan membawa setengah dari staf kreatif Nike. Alasannya dia sudah menganggap mereka seperti keluarga. Pada akhirnya, pindah ke Adidas bukan keputusan yang tepat. 

Malah Kanye West akhir-akhir ini terlihat memakai produk Nike. Perilaku Kanye seperti mencari masalah dengan Adidas. Dia terlihat memakai sepatu Nike dalam beberapa kesempatan. Bahkan ada kabar yang menyebutkan kalau Kanye memakai sepatu Air Jordan saat rapat dengan dewan pimpinan Adidas. Kanye juga terlihat mengenakan sepasang Comme des Garcons x Nike Air Foamposites, dan kemudian mengenakan kaus kaki Swoosh di pesta DONDA-nya. 

Kanye memposting foto Martine Rose x Nike Air Monarchs yang seakan memberikan pengakuan kepada karya mendiang Virgil Abloh, yang notabene sebagai desainer andalan Nike. Tetapi dalam kontraknya dengan Adidas, Kanye dilarang memakai produk kompetitor. Jadi apa yang dilakukan Kanye seolah-olah mencari gara-gara dengan Adidas.

Kita nantikan saja apa yang akan terjadi setelah ini. Apakah Kanye West akan bertahan di Adidas, atau pindah ke Nike?, atau malah tidak diterima di kedua perusahaan besar tersebut. (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Kanye West Mau Buka Toko Yeezy di Seluruh Dunia

Entertainment
Kanye West Tuduh Adidas Tiru Desain Sandal Yeezy yang Ia Miliki, Mirip Gak sih?

Lifestyle
adidas Suntikkan Unsur Basket di Niteball