Lifestyle

5 Langkah Dasar yang Perlu Dilakukan agar Hubungan Bertahan Lama

Kezia Kevina Harmoko

Posted on September 5th 2022

Buat kalian yang lagi in relationship, pasti pengin hubungan kalian bertahan lama dong. Nah, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan biar hubungan kalian berjalan mulus dan jangka panjang, seperti yang dilansir Psychology Today.

1. Inisiatif

Inisiatif dalam menjalani hubungan itu penting lho. Ini menunjukkan kita punya effort buat doi. Inisiatif bukan hanya soal kasih makanan kesukaan atau mengajukan diri buat membantu ya, tapi juga inisiatif bertanya soal perasaan. Daripada menduga-duga perasaan doi akan sesuatu, akan jauh lebih jelas kalau kita bertanya. Mengurangi salah paham juga nih.

2. Bicara tentang apa aja

Pastinya kita perlu bicara tentang apa pun ke doi kalau memang hubunganmu jadi serius. Mulai dari hal-hal remeh seperti hobi sampai yang serius seperti komitmen, semuanya perlu dibicarakan. Kalau semua pihak terbuka dalam hubungan, berarti ada kepercayaan, dan itu perlu dibangun sedari awal dalam hubungan.

Baca juga: Hubungan Pacaran Kalian Sehat atau Nggak? Cek dengan 5 Kebiasaan Ini!

3. Hargai batasan dan privasi

Meski sudah menjalani hubungan, tiap orang tentu masih perlu ruang buat sendiri. Maka dari itu perlu dibicarakan dari awal batasan yang perlu diterapkan. Misal boleh cek ponsel atau enggak, perlu cek media sosial atau enggak, me time kapan, dan lain-lain. Semua perlu dibicarakan di awal biar di tengah-tengah gak ada konflik karena itu.

4. Tetap ingat diri sendiri

In relationship bukan berarti kita sudah benar-benar melebur dengan si doi dan gak jadi diri sendiri lagi. Impian, karier, dan tujuan hidupmu juga penting seperti si doi, jadi tetap gak bisa dilupakan. Bicarakan hal-hal yang ingin kamu gapai dalam hidup ke pasangan biar semua sama-sama tahu dan bisa saling mendukung.

Baca juga: 3 Tips Agar Hubungan Terhindar dari Drama Gak Penting dan Langgeng

5. Kompromi

Dalam hubungan pasti bakal ada konflik. Kalau gak ada konflik sama sekali justru nggak sehat. Nah, cara menanggapi konflik ini yang perlu dibangun agar konflik gak jadi toxic. Maka dari itu dalam konflik, penting buat berkompromi agar kedua pihak bisa sama-sama menerima manfaat.

Nah, itu dia beberapa langkah dasar untuk membuat hubungan berjalan langgeng. Semoga membantu~

 

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Pola Pikir yang Harus Disingkirkan saat Berdebat dengan Pasangan

Lifestyle
4 Cara Mengevaluasi Hubungan Romantis sebelum Ambil Keputusan Penting

Lifestyle
5 Tanda Hubungan yang Merenggang dan Gak Sehat, Perlu Evaluasi