Current Issues

Harga BBM Akhirnya Naik, Untung Honda BeAT-mu Irit

Dwiwa

Posted on September 3rd 2022

Pemerintah akhirnya resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mulai Sabtu, 3 September 2022. Terhitung pukul 14.30 WIB, harga BBM bersubsidi Pertalite menjadi Rp10.000 per liter dari sebeumnya Rp7.650 per liter. Sedangkan solar dari Rp5.150 per liter naik menjadi Rp6.800 per liter.

Tidak hanya untuk BBM bersubsidi, BBM non-subsidi Pertamax juga ikut mengalami kenaikan. Jika sebelumnya dijual dengan harga Rp12.500 per liter, kini konsumen harus mengeluarkan uang hingga Rp14.500 untuk setiap liternya.

Dilansir dari Antara, pemerintah memutuskan skema mengalihkan subsidi BBM menjadi bantuan sosial sehingga harga BBM mengalami penyesuaian. Saat ini besaran subsidi dan kompensasi energi telah mencapai Rp502,4 triliun di APBN 2022, terdiri dari subsidi energi Rp208,9 triliun dan kompensasi energi sebesar Rp293,5 triliun.

“Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian, dan sebagian subsidi BBM akan dialihkan untuk bantuan yang lebih tepat sasaran,” kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers pada Sabtu.

Kenaikan harga BBM ini tentu membuat kita harus lebih bijak dalam menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, semakin sering kita berkendara, maka semakin banyak BBM yang dibutuhkan dan pengeluaran bulanan pun akan membengkak.

Tetapi jika kamu pengguna Honda BeAT, pengeluaran bulananmu mungkin tidak akan naik begitu banyak. Pasalnya nih, kendaraan yang satu ini telah dikenal karena kemampuannya yang dapat menghemat bahan bakar.

Dilansir dari astra-honda.com, PT Astra Honda Motor (AHM) menyebut jika konsumsi BBM Honda BeAT mencapai 60,6 km/liter. Artinya, ketika kamu mengisi BBM 1 liter, bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 60,6 km.

Tapi, kenapa sih Honda BeAT bisa menjadi kendaraan yang irit BBM?

Sebagai informasi, All New Honda BeAT yang sekarang ada di pasaran merupakan Honda BeAT generasi kelima. Di model ini, PT AHM melakukan pengembangan besar-besaran mulai dari desain hingga pengaplikasian teknologi terbaru.

Mesin yang digunakan pada All New Honda BeAT sudah lebih kompak. Ukurannya tak sebesar dapur pacu Honda BeAT sebelumnya dan blok mesinnya juga lebih ringan sekitar 10 persen. Mesin All New Honda BeAT pun mengalami ubahan pada diameter dan langkah piston. Kompresi mesin juga ikut meningkat dari 9,5:1 jadi 10:1.

Iritnya konsumsi BBM All New Honda BeAT juga ditunjang oleh penggunaan v-belt model W-Cog. Menurut PT AHM, penggunaan sparepart  ini dapat mengurangi gesekan dan noise. Dampaknya, kinerja CVT jadi lebih ringan selama penyaluran daya berlangsung ke roda belakang.

Dengan memadukan rancangan mesin baru dan fitur ISS (Idling Stop System), maka keluarlah hasil 60,6 km/liter tadi. Jadi selain irit, performa mesin baru Honda BeAT pun ikut meningkat.

Di model sebelumnya, tenaga dan torsi dituliskan 6,3 KW di 7.500 rpm dan 9,01 Nm pada 6.500 rpm. Sementara perolehan All New Honda BeAT ialah 6,6 KW di 7.500 rpm serta 9,3 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Penggunaan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) juga membuat motor jadi lebih efisien. Rangka All New Honda BeAT ini bukan lagi besi, melainkan sudah terbuat dari material baja tempa yang dikerjakan oleh tangan-tangan robot canggih.

Material itu juga berkontribusi terhadap pengurangan bobot Honda BeAT. Beratnya lebih ringan 3 kg dari Honda BeAT pendahulunya. Berkat sasis baru ini juga kapasitas tangki bensin dan bagasi All New Honda BeAT bertambah. Inilah alasan lain mengapa All New Honda BeAT bisa irit BBM.(*)

Foto: astra-honda.com

Artikel Terkait
Youthcon
Bawakan Lagu yang Dikenal banyak Orang di Honda BeAT Junior Gigs Competition

Current Issues
Kabar Baik! Setelah Pfizer, Vaksin Covid-19 dari Moderna Aman untuk Remaja

Current Issues
Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah di Antartika