Lifestyle

5 Tanda Hubungan yang Merenggang dan Gak Sehat, Perlu Evaluasi

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 31st 2022

Kalau kamu lagi in relationship dan mulai merasa hubunganmu gak berjalan seperti biasanya, coba cek dulu deh. Simak tanda-tandan hubungan yang merenggang dan nggak sehat buat dijalani, seperti yang dilansir Psychology Today.

1. Ekspektasi yang gak realistis

Kalau kalian banyak berpikir seperti, “Kalau dia memang sayang sama aku, dia seharusnya…,” mulai hati-hati ya. Ini berarti ada ekspektasi yang kamu tanamkan dalam hubungan dan pasangan harus memenuhinya. Sebenarnya nggak salah punya ekspektasi, tapi kalau ekspektasi itu jadi masalah dalam hubunganmu, tentu hubunganmu nggak sehat.

2. Tidak bisa kompromi

Kalau kedua pihak sama-sama merasa paling benar dan nggak bisa mendengar pendapat satu sama lain, ini red flag. Ini bisa bikin perdebatan terus muncul dan melelahkan kedua pihak.

3. Hampir tidak ada konflik

Kalau terlalu banyak bertengkar itu nggak baik, hampir gak pernah ada konflik juga gak baik. Kalau dalam hubungan sama sekali gak ada konflik bisa jadi dua pihak sudah tidak dekat secara emosional sehingga keduanya mati rasa. Akhirnya mereka nggak bisa memedulikan suatu hal dan gak ada konflik deh.

Baca juga: 5 Alasan Toxic Relationship Susah Banget buat Dihentikan

4. Selalu memprediksikan hal negatif

Kalau ada pihak yang takut berlebih akan kelangsungan hubungan dan sudah punya bayangan untuk putus, ini perlu diperhatikan. Memang ada beberapa orang yang punya pengalaman kurang baik akan hubungan sebelumnya dan memengaruhi hubungan saat ini. Namun, bayangan buruk akan hubungan cenderung membuat seseorang tidak memberikan effort penuh dalam hubungan. Akhirnya ini berdampak buruk ke hubungan juga.

5. Salty

Istilah ini mungkin lebih sering ditemui di dunia maya, tapi dalam hubungan dunia nyata juga bisa dilihat. Kalau dua pihak selalu mengkritik satu sama lain, menyalahkan, sampai mengejek, ini tanda hubungan yang merenggang. Hubungan yang hangat seharusnya mengandung lelucon, momen bonding, dan kata-kata penguatan satu sama lain.

Nah, itu dia beberapa tanda hubungan yang sudah merenggang. Simak juga ciri paling sering ditemui dari sebuah toxic relationship, di sini.

 

Gambar: Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Meminimalisir Rasa Sakit Hati setelah Putus Cinta

Lifestyle
3 Pola Pikir yang Harus Disingkirkan saat Berdebat dengan Pasangan

Lifestyle
5 Langkah Dasar yang Perlu Dilakukan agar Hubungan Bertahan Lama