Entertainment

‘House Of The Dragon’: 10 Kastil Paling Ikonik Di Westeros

Jingga Irawan

Posted on August 29th 2022

George R. R. Martin mengungkapkan bahwa House of the Dragon season satu akan mencakup 28 tahun sejarah Westeros. Alur ceritanya mengikuti perjalanan dinasti Targaryen. Ini berarti, beberapa lokasi yang sangat penting dalam Game of Thrones, seperti Castle Black dan Free Cities of Essos, tak akan muncul kali ini.

Namun, acara tersebut akan menampilkan banyak kastil Westeros yang paling terkenal, termasuk Dragonstone dan Red Keep. Keduanya cukup mengesankan, tetapi mereka bukan satu-satunya bangunan besar di Westeros. Memang, benua buas memiliki banyak kastil yang tersisa, tetapi hanya sedikit yang cukup terkenal untuk menjadi ikon. Apa saja?

Red Keep

Sebagian besar aksi di Game of Thrones terjadi di dalam tembok Red Keep. Kastil besar ini terletak di bagian tenggara King's Landing, berfungsi sebagai tempat duduk King of the Andals dan First Men.

Aegon Sang Penakluk mulai membangun Red Keep selama pemerintahannya. Namun, kastil tetap belum selesai. Akhirnya Maegor the Cruel yang menyelesaikan proyek dan membangun banyak lorong rahasia dan ruang bawah tanah. Red Keep menampung Iron Throne yang ikonik, Small Council, dan Kingsguard. Seperti pendahulunya, House of the Dragon pasti akan memiliki banyak adegan di dalam Keep.

Castle Black

Castle Black adalah rumah bagi Night's Watch, kelompok yang bertugas melindungi The Wall dari ancaman luar. Dingin, lembap, dan kastil hanya dalam nama, tak memiliki dinding untuk mempertahankannya. Tempat ini memiliki beberapa menara, masing-masing dengan tujuan yang berbeda, dan serangkaian lorong bawah tanah untuk menghubungkannya.

Karena ancaman White Walker bukanlah hal yang menarik selama pemerintahan Targaryen, kemungkinan Castle Black tak akan muncul di House of the Dragon. Namun, itu mungkin memainkan peran penting dalam seri spin-off Jon Snow yang akan datang.

Storm’s End

Kursi Storm's End House Baratheon sama kerasnya dengan tuannya. Ini adalah salah satu kastil terkuat di dunia, dikatakan memiliki mantra di dindingnya yang mencegah sihir mempengaruhi atau bahkan melewatinya. Seperti Winterfell, Storm's End juga memiliki kayu dewa di dalamnya dan menara tunggal  besar.

Storm's End dan Shipbreaker's Bay adalah lokasi pertempuran awal dalam Dance of the Dragons, di mana pangeran muda Lucerys Velaryon, putra kedua Rhaenyra, dan naganya, Arrax, tewas di tangan pangeran Aemond Targaryen dan naganya, Vhagar yang menakutkan.

Riverrun

Riverrun adalah House Tully’s Seat. Terletak di persimpangan sungai Tumblestone dan Red Fork, Riverrun pada dasarnya adalah sebuah pulau. Dalam buku menyebutkan bahwa, bila dipasok dengan benar dan dengan persiapan yang cukup, Riverrun dapat bertahan dari pengepungan selama dua tahun. Riverrun juga memiliki godwood, meskipun kurang terkenal dibandingkan Winterfell's.

Riverrun mungkin bukan kastil tercantik atau terbesar di Westeros, tetapi punya teknik dan arsitektur yang mengesankan. House Tully memainkan peran yang agak kecil dalam Dance of the Dragons, menyatakan untuk Rhaenyra karena takut pada naganya dan setelah menerima kunjungan meyakinkan dari Ser Addam Velaryon.

Harrenhal

Harren the Black membangun Harrenhal sebagai tampilan kasar kekuatan dan kekuasaan. Kastil ini memiliki lima menara besar yang menjulang ke langit, seperti jari-jari yang menggenggam awan. Aegon the Conqueror membakar Harrenhal dan semua orang di dalamnya selama penaklukannya atas Westeros, membuat kastil runtuh.

Orang Westerosi percaya lokasi itu dibayangi oleh hantu Harren dan anak-anaknya, dan setiap keluarga yang memegangnya telah lenyap.

Harrenhal akan memainkan peran kunci selama Dance of the Dragons. Daemon Targaryen menaklukkannya atas nama Rhaenyra dan menahannya sampai pertarungan penting melawan keponakannya, Aemond, yang dikenal di seluruh Westeros sebagai Pertempuran Battle Above the God Eye.

Dragonstone

Dibangun oleh Targaryens yang kuat, yang awalnya berasal dari hak milik Valyrian, Dragonstone tak seperti kastil mana pun di Westeros. Targaryen menggunakan teknik Valyrian untuk membangunnya, jarang menghiasinya dengan banyak motif naga.

Tak seperti bangunan megah lainnya di benua itu, Dragonstone adalah benteng militer, bukan istana rekreasi. Ini kuat dan kaya akan dragonglass dan berfungsi sebagai kursi untuk Crown Prince selama pemerintahan Targaryen.

Dragonstone akan memainkan peran penting di House of the Dragon, di mana pada awalnya akan berfungsi sebagai tempat tinggal Daemon Targaryen. Dragonstone berfungsi sebagai basis operasi Rhaenyra selama Dance of the Dragons, yang berarti itu akan menjadi salah satu lokasi terpenting di acara mendatang.

Highgarden

Terletak di Vale of Arryn dan dikelilingi oleh Mountain of the Moons, Eyrie adalah rumah House Arryn. Eddard Stark yang muda dan terhormat serta temannya, Robert Baratheon menghabiskan masa kecil mereka di Eyrie, diasuh oleh Jon Arryn.

Karena lokasinya yang strategis di atas salah satu gunung tertinggi di Westeros, Eyrie dianggap tak dapat ditembus oleh serangan non-drakonik apa pun. Ini juga merupakan lokasi paling mencolok di benua itu, tampak seperti menara tunggal yang besar dari jauh.

Eyrie sering muncul di Game of Thrones. Ini juga bisa terjadi di House of the Dragon, terutama setelah Dance of the Dragons dimulai, dan Rhaenyra mendapatkan dukungan House Arryn. Sampai saat itu, Eyrie mungkin tak akan tampil di acara baru.

Casterly Rock

Terletak di Vale of Arryn dan dikelilingi oleh Mountain of the Moons, Eyrie adalah rumah House Arryn. Eddard Stark yang muda dan terhormat serta temannya, Robert Baratheon menghabiskan masa kecil mereka di Eyrie, diasuh oleh Jon Arryn.

Karena lokasinya yang strategis di atas salah satu gunung tertinggi di Westeros, Eyrie dianggap tak dapat ditembus oleh serangan non-drakonik apa pun. Ini juga merupakan lokasi paling mencolok di benua itu, tampak seperti menara tunggal yang besar dari jauh.

Eyrie sering muncul di Game of Thrones. Ini juga bisa terjadi di House of the Dragon, terutama setelah Dance of the Dragons dimulai, dan Rhaenyra mendapatkan dukungan House Arryn. Sampai saat itu, Eyrie mungkin tak akan tampil di acara baru.

Lannister adalah antagonis utama dalam Game of Thrones, selain White Walkers. Keluarga itu salah satu yang terkaya di Westeros, terutama berkat tambang emas besar di bawah rumah leluhurnya, Casterly Rock. Kastil ini menghadap ke kota Lannisport, dan banyak karakter menggambarkannya sebagai "tak tertembus".

Tak seperti lokasi lain di Game of Thrones, Casterly Rock jarang muncul. Meskipun sebagian besar menganggapnya sebagai sumber kekuatan Lannister, Casterly Rock menjadi kurang berguna saat pertunjukan berlangsung, terutama setelah Tywin mengungkapkan tambangnya mengering. Namun, batu tetap menjadi simbol status dan kekuatan, jika bukan kekayaan.

Winterfell

Bisa dibilang lokasi paling ikonik dan dicintai di Game of Thrones, Winterfell adalah tempat kedudukan Starks. Kastil ini terletak di pusat North, di atas sumber air panas yang membantu menjaganya tetap hangat selama kondisi paling mengerikan.

Winterfell juga memiliki kayu kecil dan ruang bawah tanah besar di bawahnya. Karena pentingnya cerita dan keterikatan sentimental yang dimiliki Starks terhadapnya, Winterfell mungkin menjadi lokasi paling ikonik di A Song of Ice and Fire.

Tak seperti Game of Thrones, Winterfell hampir tak akan memperhitungkan House of the Dragon. Kastil mungkin akan tetap jauh dari aksi di acara Targaryen yang akan datang, setidaknya sampai Dance dimulai. Meski begitu, Winterfell mungkin hanya muncul secara sporadis karena North tak memainkan peran utama dalam perang saudara.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Mengapa Ada Pohon Weirwood di King's Landing ‘House Of The Dragon’?

Entertainment
'House of the Dragon' Bakal Ungkap Hubungan Antara Targaryen dan Sihir

Entertainment
Siapa Rhaenyra Targaryen di ‘House Of The Dragon’? Berikut Detail Karakternya