Entertainment

BTS Menangkan Group of the Year di MTV VMA 2022, Ada Kontroversi di Baliknya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 29th 2022

BTS berhasil memenangkan katgeori Group of the Year di MTV Video Music Awards 2022. Kemenangan ini tentu disambut bahagia oleh para Army. Namun, saat ini fandom boy group tersebut lagi ramai karena perdebatan terkait kemenangan ini.

MTV VMA tahun ini cukup unik. Tahun ini kategori Best Group namanya diubah menjadi Group of the Year. Juli 2021 lalu MTV langsung diserang warganet ketika kategori Best Group tidak muncul di pengumuman, tapi ternyata ada perubahan nama.

BTS memenangkan Group of the Year tahun ini di MTV VMA. Ini menjadi kemenangan keempat berturut-turut boy group ini di kategori Best Group. Namun, kemenangan ini juga jadi satu-satunya yang didapat BTS di tahun ini. Tahun sebelumnya mereka membawa tiga kemenangan, tahun 2020 bawa empat, tahun 2019 bawa dua.

Fandom di Twitter juga sempat diramaikan dengan twit dari Entertainment Tonight yang melaporkan bahwa Group of the Year dimenangkan oleh BLACKPINK. Beberapa akun berita di Twitter juga mengabarkan hal yang sama dan bikin warganet bingung dengan siapa yang memenangkan Group of the Year. Proses penilaian buat kategori tersebut jadi dipertanyakan.

Nah, ini nih yang bikin para Army ramai-ramai menyebut bahwa MTV VMA melakukan ketidakadilan pada BTS. Untuk kategori Best K-Pop tahun ini dimenangkan oleh Lisa BLACKPINK berkat album Lalisa. Kategori Best Metaverse Performance juga dimenangkan oleh BLACKPINK.

Sederet tuduhan diungkapkan oleh para Army ke MTV VMA. Unggahan terkait ajang penghargaan tersebut juga gak luput dari komentar negatif tentang kategori yang tidak dimenangkan BTS. Namun, tetap ada kok fans yang menerima semua kemenangan artis K-Pop tanpa membanding-bandingkan satu sama lain.

Well, di luar semua keributan di dunia maya, kita patut bangga karena makin banyak musisi Asia yang masuk di ajang penghargaan internasional. Semoga aja tahun depan makin banyak lagi ya! (*)

 

Gambar: @bangtan.official/Facebook

Artikel Terkait
Entertainment
Situs Media Sosial Tiongkok Bekukan Akun Penggemar K-Pop, BTS

Korea
BLACKPINK Cetak Sejarah Baru Berkat Penampilan Mereka di MTV VMA 2022

Entertainment
Taylor Swift Ikut Nyanyi ‘Pink Venom’ BLACKPINK di MTV VMA 2022, Swifties Gemas