Current Issues

Ini Arti Di Balik Gambar Medusa di Video TikTok Storytelling

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 28th 2022

Pernah nggak sih kamu lagi menonton video TikTok yang isinya bercerita tentang pengalaman, lalu video tersebut diakhiri dengan gambar Medusa? Yup, gambar tokoh mitologi Yunani dengan kepala ular itu belakangan cukup banyak dipakai beberapa pengguna untuk melengkapi cerita mereka. Nah, kamu tahu gak makna di balik gambar tersebut?

Medusa TikTok trend ini diikuti oleh banyak pengguna TikTok di Indonesia atau luar negara kita. Biasanya video dengan tren ini menggunakan audio Why are ppl using my sound_ dari Avery. Umumnya kreator bakal memasukkan beberapa foto dengan cerita mereka di teks, lalu ketika musiknya berubah, gambar Medusa muncul.

Seperti yang dilansir Wbur, Medusa dilecehkan oleh Poseidon, pasangan Athena. Namun, Athena justru menghukum Medusa karena dianggap mengotori tempat sucinya. Athena membuat kepala Medusa menjadi ular dan laki-laki mana pun yang menatap mata Medusa akan jadi batu.

Nah, saat ini Medusa menjadi simbol dari korban pelecehan seksual. Tato bergambar Medusa menandai bahwa orang tersebut pernah mengalami pelecehan seksual. Tren TikTok dengan Medusa itu juga mirip, gambar Medusa berarti si kreator pernah mengalami pelecehan seksual. Jadi gambar Medusa ini merupakan upaya korban buat menyadari bahwa mereka adalah korban dan perlahan menerima kenyataan tersebut.

Kalau kalian melihat video dengan gambar Medusa, kemungkinan besar di kreator menceritakan pengalaman pahitnya dilecehkan. Jadi usahakan untuk memberi komentar suportif dan tidak menanyakan detail kejadian ya. Cukup berikan berempati dengan mereka, berikan dukungan untuk agar mereka bisa menerima kenyataan dan tahu bahwa kesalahan bukan ada di mereka.(*)

Artikel Terkait
Current Issues
Ada yang Salah Ketika Video Pelecehan Seksual Dianggap Keren dan Viral

Current Issues
A&W Ubah Video TikTok Rootbeer Viral Jadi Konten Marketing, Warganet Kagum

Current Issues
Rekaman Pria Bunuh Diri Viral di TikTok, Ini Cara Cegah Konten Sensitif Muncul