Lifestyle

Ini Makanan yang Menurunkan Kesehatan Mentalmu, Bikin Cemas dan Depresi

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 27th 2022

Percaya atau enggak, makanan yang kita makan bisa memengaruhi kesehatan mental kita lho, bukan cuma kesehatan fisik aja. Yup, seperti yang dilansir Psychology Today, makanan yang rasanya enak-enak dan penyajiannya mudah ternyata sangat berhubungan dengan kecemasan dan depresi!

Sebuah riset dari Hecht et al. (2022) menemukan bahwa orang yang sering memakan ultra processed food (UPF) lebih sering merasakan depresi ringan dan lebih cemas di hari-hari kesehatan mental mereka lagi kurang baik. Hayo lho.

Baca juga: 3 Kalimat yang Bisa Kita Andalkan buat Menenangkan Diri Saat Cemas

UPF adalah makanan yang bahannya hampir tidak mengandung bahan asli atau segar sama sekali, tapi mengandung banyak zat tambahan seperti penyedap rasa, pewarna, dan zat-zat tambahan lain yang bikin makanan makin terasa enak.

Nah, apa saja UPF yang disebut-sebut bikin kondisi kesehatan mental kurang baik? Ada delapan jenis makanan yaitu minuman dengan pemanis gula, produk daging olahan, camilan kemasan, keripik, sereal yang biasanya buat sarapan, cookies, kue, dan roti. Kamu suka makan yang mana aja nih?

Baca juga: 4 Manfaat Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga, Bagus buat Kesehatan Mental

Ini bukan riset pertama yang menemukan bahwa makanan kurang sehat berpengaruh pada kesehatan mental. Beberapa riset juga menemukan hasil serupa. Jadi makanan-makanan kurang sehat ini biasanya mengandung pemanis buatan dan emulsifier. Zat tersebut menyebabkan perubahan pada otak, meningkatkan peluang inflamasi, dan menurunkan kualitas metabolisme tubuh—yang secara gak langsung berpengaruh pada kesehatan mental.

Maka dari itu kita perlu meningkatkan konsumsi makanan yang lebih sehat. Ini berarti kita perlu makan makanan yang kaya nutrisi, bahannya segar, dan gak banyak mengandung zat tambahan. Makanan sehat bukan cuma salad kok, jadi bisa disesuaikan dengan selera kita juga.

 

Gambar: vectorjuice/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Tips Simpel Mengendalikan Kecemasan, Biar Pikiran Lebih Tenang

Lifestyle
5 Pertanyaan yang Harus Ditanyakan ke Diri Sendiri Saat Cemas Berlebihan

Lifestyle
3 Kalimat yang Bisa Kita Andalkan buat Menenangkan Diri Saat Cemas