Entertainment

Taylor Swift Disebut Curi Konsep buat Album ‘Lover’ di Momen 3 Tahun Album

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 25th 2022

Taylor Swift kembali menghadapi tuntutan pelanggaran hak cipta lagi. Baru-baru ini seorang penulis buku puisi indie menyebut Taylor mencuri ide dari buku puisinya dan diterapkan di album Lover. Sedihnya, tuduhan ini datang di momen anniversary ketiga album Lover.

Lover dirilis pada 23 Agustus 2019 lalu. Album tersebut khas banget dengan sampul albumnya yang bernuansa pink dan biru pastel. Album itu menjadi album pertama yang Taylor rilis setelah keluar dari label Big Machine Records, jadi album ini gak ikut direkam ulang seperti album-album terdahulu.

Nah, seorang penulis bernama Teresa La Dart baru-baru ini menuntut Taylor karena tuduhan meniru konsep buku puisi yang ia rilis secara independen. Judul buku tersebut juga Lover, dirilis pada 2010. Teresa juga menyeret sebuah booklet yang dirilis Taylor sebagai pelengkap album Lover.


Booklet Lover dan buku puisi Lover

Gugatan hukum ini dilayangkan Teresa tepat pada tanggal 23 Agustus lalu di pengadilan federal Tennessee. Penulis tersebut menuduh Taylor meniru beberapa foto, puisi, dan anekdot yang ada di buku puisinya. Teresa juga merasa Taylor meniru vibe buku puisinya dalam album Lover.

Baca juga: Taylor Swift Ingin Jadi Cameo Film ‘Twilight: New Moon’, Tapi Ditolak Sutradara

Sampul buku puisi karya Teresa menggunakan pilihan warna biru dan pink. Ia memasukkan potret seorang gadis menggendong anjing di bagian tengah. Terese menyebut bahwa pemilihan color scheme di album Lover mirip dengan yang ada di buku puisinya. Akibat kemiripan tersebut, Teresa menuntut ganti rugi sebesar USD 1 juta (sekitar Rp4,8 miliar).

Ini bukan satu-satunya tuntutan hukum yang sedang Taylor jalani. Sebelumnya ia dituduh melanggar hak cipta dalam lagu Shake It Off dan proses hukum sedang berjalan. Nah, mari kita nantikan update-update lain dari sederet tuntutan hukum ini.

Gambar: Instagram @taylorswift

Artikel Terkait
Entertainment
Taylor Swift Tegaskan Lirik Lagu ‘Shake It Off’ Sepenuhnya Ditulis Sendiri

Entertainment
Taylor Swift Tambah Tiga Koleksi Vinyl Album ‘Midnights’, Estetik Banget

Entertainment
Taylor Swift Pamer Isi Lemari, Isinya Merchandise Cardigan ‘Folklore’ Semua!