Hobi

Rekomendasi Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah, Bisa Juga Usir Nyamuk

Nadia Fitriany

Posted on August 25th 2022

Memelihara tanaman tentu memiliki banyak manfaat, selain untuk menyegarkan mata dan menenangkan pikiran, beberapa tanaman ini bisa berfungsi sebagai obat alami untuk mengatasi beberapa penyakit ringan hingga serius.

Jahe

Tumbuhan satu ini sudah sering digunakan masyarakat Indonesia dalam mengobati beberapa macam penyakit. Kandungan di dalam jahe dapat meredakan batuk, mengurangi stres, mencegah kerusakan DNA hingga berguna pada pasien penyakit jantung atau paru-paru.

Lavender

Tanaman yang memiliki banyak manfaat ini berasal dari keluarga Lamiaceae. Lavender sering digunakan untuk aroma terapi atau pewangi, selain wangi, aromanya juga bisa mengusir nyamuk. Aroma lavender yang menenangkan juga bisa membantu tidur kita jauh lebih pulas. Istirahat yang berkualitas ini yang bisa mencegah kamu dari berbagai penyakit.

Daun Saga

Tanaman yang hidup dengan merambat ini bisa digunakan untuk obat tradisional saat kamu terkena batuk atau sariawan. Kandungan flavonoid, kolin dan trigonelin pada daun saga dapat bekerja sebagai antioksidan. Daun ini juga berfungsi untuk penangan pertama jika terjadi keracunan makanan.

Daun Mint

Daun yang sering ditambahkan pada makanan atau minuman ini mudah ditanam di rumah. Khasiat daun mint dapat meredakan nyeri perut, menyegarkan tubuh hingga menenangkan pikiran.

Lidah Buaya

Tanaman satu ini juga sudah hits di kalangan warga +62, gel lidah buaya dipercaya untuk urusan kecantikan seperti iritasi kulit, membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan menguatkan akar rambut. Tanaman ini juga mudah ditanam karena tidak perlu disiram setiap hari.

Rosemary

Tanaman satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh maupun rumah. Ia mampu mengusir nyamuk, mencegah kutu daun, lalat, walang hingga cacing. Bagi tubuh, penelitian menunjukkan rosmary dapat mengurangi kcemasan dan meningkatkan daya ingat.

Kunyit

Sudah lama tanaman ini diolah menjadi jamu untuk berbagai pengobatan tradisional. Kunyit dapat digunakan untuk meredakan jerawat, mengatasi nyeri sendi, mengatur gula darah hingga penyakit kulit lain.

Itulah beberapa tanaman obat yang mudah ditanam di rumah. Apakah kamu masih menggunakan obat tradisional di era sekarang? (*)

Foto: Freepik/Jcomp

Artikel Terkait
Interest
Selain Cantik, 7 Tanaman Hias Ini Punya Manfaat Baik Diletakkan di Kamar Tidur

Tech
Fitur Scan Snapchat Di-Upgrade, Bisa Identifikasi Outfit dan Tempat Membelinya

Interest
7 Tanaman Hias Dalam Ruangan ini Bakal Bikin Rumahmu Makin Cantik