Tech

BeReal Sukses Besar! Sekarang Punya 10 Juta Pengguna Aktif Harian

Jingga Irawan

Posted on August 25th 2022

Apakah kalian sudah mencoba aplikasi BeReal yang populer? Kalau iya, kalian nggak sendirian. Aplikasi tersebut kini memiliki hingga 10 juta pengguna aktif harian, meningkat dari hanya 10.000 dari setahun yang lalu.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Pun tak memakan memori yang terlalu besar di ponsel. BeReal mengirimkan prompt ke semua pengguna secara acak setiap hari, meminta orang untuk membagikan foto tentang apa yang mereka lakukan saat itu juga. Dengan batas waktu 2 menit untuk mem-posting-nya.

Aplikasi ini disebut-sebut sebagai anti-Instagram. Dengan fokus pada kehidupan sehari-hari yang nyata dan tak diedit. Aplikasi ini juga dimaknai sebagai lawan dari adegan gaya hidup IG yang dipoles.

Seperti yang dijelaskan oleh BeReal, “Tidak ada filter. Tidak ada pengikut. Sekedar teman, saling berbagi. Di BeReal, kalian menemukan kehidupan nyata teman-teman kalian dan menjadi lebih dekat dengan mereka.”

Cara kerja fiturnya yang sederhana ini bikin aplikasi lain berusaha untuk menirunya. Dengan Instagram saat ini sedang mengerjakan fitur 'Candid' baru yang terlihat sangat mirip dengan BeReal.

Baca Juga: Disebut Jadi Pesaing Instagram, Apa itu Aplikasi BeReal?

Sangat menarik untuk memperhatikan pertumbuhan aplikasi yang mengutamakan kehidupan nyata. Itu menunjukkan bahwa orang mungkin sudah cukup lelah dengan penggambaran yang tak realistis tentang persona dan citra secara online.

Maksudnya adalah ketika kalian melihat akun media sosial orang, kalian pada dasarnya melihat sorotan utama dari kehidupan mereka. Tak termasuk sisi negatif. Dan menonjolkan apa yang orang itu ingin kalian lihat. Itu dapat menyebabkan evaluasi diri yang negatif, dan dampak kesehatan mental selanjutnya.

Itu lah alasan mengapa BeReal mendapatkan daya tarik, dengan gambar sehari-hari langsung ini memberikan representasi kehidupan nyata yang lebih relatable, yang sebenarnya dapat membantu membangun komunitas dan koneksi, dibandingkan dengan membuat citra palsu secara online.(*)

Foto: BeReal

Artikel Terkait
Tech
Instagram Kembangkan Fitur Baru, Tapi Disebut Mirip BeReal

Tech
6 Hal yang Membuat Akun Instagram Diblokir

Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara