Entertainment

Mengapa Ada Pohon Weirwood di King's Landing ‘House Of The Dragon’?

Jingga Irawan

Posted on August 24th 2022

House of the Dragon kembali ke Westeros, ratusan tahun sebelum Daenerys Targaryen membakar King's Landing hingga rata dengan tanah. Uniknya, series HBO baru itu mengungkapkan hubungan yang kuat dengan pohon Weirwood yang terkenal dan kuno.

The Weirwood adalah pohon gugur yang biasanya ditemukan di Westeros. Itu adalah perlengkapan yang menonjol di hutan dewa Winterfell, di mana saudara kandung Stark akan bersimpati atau mendiskusikan berbagai masalah, termasuk tentang keadaan keluarga mereka.

Weirwood menonjol karena kulitnya yang putih dan daunnya yang berwarna merah darah. Sebuah wajah juga diukir pada kulit kayu Weirwood, memberikan bentuk yang menakutkan namun halus pada pohon.

Di House of the Dragon, Weirwood ditampilkan di dalam Red Keep di King's Landing. Di bawah pohon itulah Putri Rhaenyra dan temannya Alicent Hightower sedang menikmati waktu luang mereka, berbicara dan membaca.

Namun, kehadiran Weirwood di House of the Dragon adalah hal yang aneh. Lagi pula, King's Landing tak memiliki pohon Weirwood di Game of Thrones. Sebagian besar pohon ditebang di selatan oleh Andals ribuan tahun sebelum seri aslinya, hanya menyisakan pohon di utara. Atau begitulah yang dipikirkan semua orang.

Mengingat seri prekuel diatur 200 tahun sebelum Game of Thrones, mungkin ada beberapa Weirwood yang tersisa di selatan. Andal tak mungkin menghancurkan mereka semua dalam satu gerakan. Sama seperti Weirwoods di utara, beberapa kemungkinan selamat dari invasi Andal. Untuk itu, bagian selatan masih menyimpan beberapa pohon Weirwood, termasuk di Riverlands.

Mengapa Tak Ada Pohon Weirwood di King’s Landing Game Of Thrones?

The Weirwoods tak ada di King's Landing selama Game of Thrones. Mungkin saja karena pohon itu dihancurkan selama Dance of the Dragons. Yakni perang saudara Targaryen yang memperebutkan Iron Throne.

Penghancuran Weirwood akan sejalan dengan ketegangan keluarga House of the Dragon. Aturan Red Keep dan Targaryen ditetapkan hingga acara pertunjukan. Meruntuhkan pohon Weirwood terakhir di King's Landing setelah bertahan selama ribuan tahun mencerminkan awal kejatuhan House Targaryen.

Bisa jadi pohon itu sendiri dibakar atau ditebang sebagai korban pertempuran. Mengingat Rhaenyra dan Alicent akan berada di pihak yang berlawanan, kemungkinan salah satu menghancurkan Weirwood untuk membuat marah yang lain. Either way, pada saat Game of Thrones tayang, pohon Weirwood sudah lama hilang.(*)

Foto: HBO Max

Artikel Terkait
Entertainment
HBO Sebut ‘House of the Dragon’ Jadi Perilisan Terbesar yang Pernah Ada!

Entertainment
'House of the Dragon' Bakal Ungkap Hubungan Antara Targaryen dan Sihir

Entertainment
Apa Itu The Doom of Valyria di ‘House of the Dragon’?