Tech

TikTok Uji Coba Feed ‘Nearby’ Baru, Buat Nampilin Konten Lokal

Jingga Irawan

Posted on August 24th 2022

TikTok sedang menguji feed Nearby baru. Fungsinya untuk menampilkan konten lokal kepada pengguna. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan kepada TechCrunch bahwa feed baru sedang diuji dengan pengguna tertentu di Asia Tenggara dan terbatas.

Pengguna yang mendapat kesempatan untuk mencoba pengujian terbatas akan melihat tab feed baru yang ditampilkan di samping feed "Following" dan "For You" di beranda aplikasi.

Umpan baru tersebut pertama kali dilaporkan oleh konsultan media sosial Matt Navarra. Tab baru itu diuji bersama fitur yang memberi kreator kemampuan untuk menambahkan tag lokasi ke video mereka.

Juru bicara TikTok mengatakan bahwa kemampuan untuk menambahkan tag lokasi secara bertahap diluncurkan untuk kreator konten. Ketika ditanya apakah umpan Nearby hanya menampilkan video yang memiliki tag lokasi, juru bicara perusahaan masih belum yakin.

Baca Juga: Disebut Jadi Pesaing Instagram, Apa itu Aplikasi BeReal?

Popularitas TikTok didukung okeh algoritme rekomendasinya. Harapannya, Nearby dapat membuat aplikasi menampilkan konten yang lebih relevan kepada penggunanya. Di sisi lain, TikTok tampaknya ingin mengejar Snap Map milik Snapchat dan peta pencarian Instagram untuk memudahkan pengguna menemukan lokasi populer terdekat.

Menariknya, salah satu eksekutif Google mengakui bahwa semakin banyak orang yang menggunakan TikTok untuk mencari tempat baru, yang tentunya berdampak pada pencarian Google. Misalnya, kalian dapat menelusuri video restoran langsung di TikTok alih-alih mencari informasi tentangnya di Google.

Memiliki feed “Nearby” juga membuka peluang baru bagi pengiklan lokal di TikTok. Sayangnya, belum diketahui saat ini kapan (atau apakah) TikTok akan memperluas feed baru ini ke lebih banyak wilayah. (*)

Foto: TikTok

Artikel Terkait
Tech
Kesal Lihat Postingan Rekomendasi di Instagram? Begini Cara Mematikannya

Tech
TikTok Perluas Uji Coba Mini Game ke Aplikasinya, Ada 9 Koleksi Lho!

Tech
Fitur YouTube ‘Edit into a Shorts’ Bantu Kreator Buat Shorts dari Video Panjang