Tech

Instagram Kembangkan Fitur Baru, Tapi Disebut Mirip BeReal

Jingga Irawan

Posted on August 24th 2022

Instagram sedang menguji fitur baru yang disebut Candid Challenges. Tetapi, fitur itu punya kemiripan yang mencolok dengan BeReal, aplikasi foto baru yang populer di kalangan Gen. Z.

Fitur yang saat ini belum dirilis itu ditemukan oleh Alessandro Paluzzi, seorang ahli teknologi dan pengembang aplikasi reverse engineering. Saat ditanya oleh Engadget, juru bicara Instagram mengkonfirmasi bahwa fitur tersebut adalah bentuk contoh untuk internal perusahaan. Tetapi menolak untuk memberikan rincian tambahan.

Menurut Paluzzi, pengguna Instagram yang berpartisipasi dalam Candid Challenges akan melihat notifikasi di waktu yang berbeda setiap harinya untuk mengambil foto lingkungan sekitar mereka. Setelah mendapatkan konfirmasi, kamera Instagram juga akan terbuka dan siap membidik bagian depan dan belakang. Plus, memberi pengguna periode waktu hanya dua menit untuk mengambil gambar.

Kalau kamu mungkin familier, itu karena cara kerjanya hampir identik dengan BeReal, aplikasi selfie yang saat ini lagi naik daun. Aplikasi yang diluncurkan tahun 2019 itu meminta pengguna untuk mengambil foto menggunakan kamera depan dan belakang ponsel secara bersamaan namun acak setiap hari.

Perintah harian itu akan kedaluwarsa setelah dua menit, setelah itu pengguna dapat melihat semua foto yang dibagikan oleh teman-teman mereka hari itu.

Belum jelas apakah atau kapan Instagram akan meluncurkan fitur tersebut. Seorang juru bicara Instagram menggambarkan fitur tersebut sebagai "prototipe internal" yang "tidak diuji secara eksternal." Tetapi jelas ada niat untuk mereplikasi fitur dari BeReal dalam aplikasinya sendiri.

BeReal memiliki pengguna yang didominasi oleh remaja. Popularitasnya meningkat selama beberapa bulan terakhir. BeReal saat ini duduk di posisi teratas di App Store Apple, di depan Instagram (No. 8) dan Facebook (No. 18). BeReal sudah naik di antara sepuluh aplikasi gratis paling populer untuk sebagian besar musim panas ini.

Baca Juga: Disebut Jadi Pesaing Instagram, Apa itu Aplikasi BeReal?

Mark Zuckerberg mengatakan masa depan Meta bergantung pada remaja, yang semakin menghabiskan waktu di media sosial. Meskipun TikTok saat ini menjadi pesaing utamanya, Instagram diketahui memantau dengan cermat para pesaingnya dan sering menyalin fitur dari layanan lain.

Instagram juga baru-baru ini menambahkan pengaturan "Dual" baru ke kamera dalam aplikasinya yang meniru gaya pemotretan yang dipopulerkan oleh BeReal.(*)

Foto: Aplikasi BeReal/App Store

Artikel Terkait
Tech
BeReal Sukses Besar! Sekarang Punya 10 Juta Pengguna Aktif Harian

Tech
6 Hal yang Membuat Akun Instagram Diblokir

Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara