Tech

Finally! WhatsApp Communities Dirilis Buat Pengguna Beta

Jingga Irawan

Posted on August 24th 2022

Awal tahun ini, Mark Zuckerberg secara resmi mengumumkan fitur baru. Namanya WhatsApp Communities. Fungsinya agar pengguna bisa membuat grup besar yang terdiri dari beberapa sub-grup. CEO Meta itu menyebut WhatsApp Communities sebagai "evolusi utama WhatsApp" dan mengungkapkan kalau fitur itu memasuki fase pengujian.

Karena Communities akan sangat berpengaruh untuk pengiriman pesan, perusahaan berencana untuk meluncurkannya secara perlahan. Sudah beberapa bulan sejak pengumuman Meta, Communities belum juga menjangkau pengguna WhatsApp secara luas. Tapi sekarang, pengguna WhatsApp beta telah mendapatkan akses ke fitur tersebut.

WABetaInfo melaporkan bahwa tab Communities muncul untuk pengguna tertentu yang sudah update ke WhatsApp beta untuk Android v2.22.19.3. Kalian bisa mencoba dengan menutup paksa aplikasi dan meluncurkannya kembali untuk melihat apakah fitur Communities sudah aktif. Namun perlu diingat, akun kalian sudah harus menjalankan versi beta terbaru, lho ya.

foto: WABetaInfo

Kalau kalian termasuk pengguna yang beruntung memiliki akses ke fitur tersebut, kalian akan melihat tab Communities. Bukan tab kamera di layar utama WhatsApp. Kalian dapat mengklik tab tersebut dan mulai membuat Communities. Untuk audiens-nya sendiri, kalian dapat menambahkan hingga 10 grup dengan dukungan hingga 512 peserta.

Baca Juga: Disebut Jadi Pesaing Instagram, Apa itu Aplikasi BeReal?

Seorang anggota Communities dapat memutuskan sub-grup yang bisa bergabung berdasarkan minat mereka. Mereka juga dapat keluar dari sub-grup kapan pun mereka mau tanpa meninggalkan Communities itu sendiri.

WhatsApp juga berupaya menyembunyikan jumlah anggota sub-grup dari peserta lain karena alasan privasi. Namun, fitur ini tak aktif di versi Communities saat ini. Selain itu, WhatsApp akan secara otomatis membuat grup pengumuman baru saat kalian membuat komunitas.

Admin juga menggunakan grup ini untuk membuat pengumuman dan mengirim pesan yang dapat dilihat oleh semua anggota komunitas dan sub-grup. Selain itu, admin dapat menonaktifkan komunitas sama sekali jika mereka mau.

WhatsApp pertama kali mengerjakan Communities pada November 2021, jadi fitur tersebut telah lama dikembangkan. Mengingat bahwa perusahaan milik Meta akhirnya meluncurkannya untuk memilih penguji beta, kemungkinan rilis publiknya terjadi sebelum akhir tahun.(*)

 

Artikel Terkait
Tech
WhatsApp Punya Fitur untuk Menyeleksi User Sebelum Join Grup

Tech
Pengguna Instagram Bisa Memposting Reels ke Facebook

Tech
Instagram Memperluas Fitur untuk NFT di 100 Negara