Interest

Miopi, Minyak Oles Aromaterapi untuk Autisme Buatan Mahasiswa UB

Dwiwa

Posted on August 23rd 2022

Inovasi kembali dibuat oleh sejumlah mahasiswa Universitas Brawijaya (UB). Kali ini, mereka menciptakan formulasi minyak oles yang dapat membantu mencegah tantrum dan stress pada penderita autisme. Minyak tersebut dinamakan MIOPI ((Minyak Oles Aromaterapi).

Dilansir laman Universitas Brawijaya, MIOPI merupakan merk dari produk berupa minyak aromaterapi dengan manfaatnya sebagai obat penghilang stres sekaligus mencegah tantrum pada penderita autisme.MIOPI dikemas dalam botol roll on 10 mL dengan harga Rp 55.000/botol yang dapat dibawa ke mana saja dan kapan saja.

Dibandingkan dengan produk lain yang sejenis, produk ini memiliki keunggulan dari komposisinya yang dibuat dari bahan dasar alami berupa ekstrak biji kakao dan cengkeh. Kandungan theobromine pada kakao dan flavonoid pada cengkeh bermanfaat bagi penyandang autisme untuk menenangkan dan memberikan efek relaksasi.

Inovasi MIOPI ini digagas oleh tim yang terdiri dari Istiani (FMIPA 2020) sebagai Ketua, bersama dengan empat anggota tim, yaitu Linda Kumalasari (FISIP 2020), Sri Fatonah (FMIPA 2020), Nabila Shafa Yumna Salsabila (FMIPA 2020) dan Farah Tasya Salsabila (FIB 2021). Mereka dibimbingan oleh Dra. Sri Wardhani M. Si. dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Salah satu karakteristik autisme yang sering kita dengar adalah ketidakstabilan meluapkan emosionalnya atau dikenal dengan istilah Tantrum. Perilaku seperti halnya menangis, memukul, menendang, menjerit, melemparkan barang, bahkan membenturkan kepala merupakan luapan penyandang autisme ketika mereka mengalami Tantrum.

Orang tua sebagai pemegang peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, tentu tidak menginginkan hal ini terjadi. Memang, hal ini adalah persoalan yang sangat sulit dihadapi, mereka dipaksa untuk menghadapi keadaan, serta dipaksa untuk menerima kenyataan.

“Saya bersama tim mendatangi ke tiga tempat penyandang autisme yang ada di Malang antara lain, SLB Autisme Laboratorium UM, SLB Autisme River Kids, SLB C Autis Negeri Kedungkandang Kota Malang. Tujuan kami yaitu untuk mengenalkan produk MIOPI agar manfaatnya dapat dirasakan penyandang autisme untuk mengurangi gejala yang mereka rasakan dan mencegah terjadinya tantrum,” ujar Istiani. (*)

 

Foto: Laman Universitas Brawijaya

Artikel Terkait
Interest
Ditangan Mahasiswa Fapet UB, Tanaman Sambiloto Bisa Jadi Antibiotik Alternatif

Interest
Mahasiswa UB Ciptakan Detergen Ramah Lingkungan dari Cangkang Kerang Lokan

Interest
Aplikasi Islami Bawa Mahasiswa FILKOM Jadi Runner Up di DINUSFEST