Entertainment

Penjelasan Ending 'Nope': Gimana Perjuangan Akhir OJ?

Artikel ini mengandung SPOILER!

Jingga Irawan

Posted on August 23rd 2022

Kalau kalian baru saja nonton blockbuster horor sci-fi baru karya Jordan Peele, Nope, mungkin kalian memiliki pertanyaan soal bagaimana ending yang mendebarkan itu. Atau mungkin kalian terjebak pertanyaan soal apa sebenarnya film itu dan makna di baliknya.

Nope mengikuti kisah dua pelatih kuda kakak beradik, yakni OJ dan Emerald Hayworth. Mereka menemukan sesuatu yang besar dan misterius bersembunyi di langit dekat peternakan miliknya. Namun, seperti awan yang tak menyenangkan di atas gurun California Selatan, banyak dari kalian yang mungkin bingung soal makna dan akhir filmnya. So, mari kita uraikan ending-nya.

SPOILER ALERT!!!

Sepanjang film, OJ ( Daniel Kaluuya) dan Emerald (Keke Palmer) diancam oleh sosok yang mirip seperti piring terbang. Piring itu terbang rendah di atas perbukitan California terpencil tempat mereka tinggal. Piring itu menyedot kuda dan orang-orang di taman hiburan terdekat melalui corong debu berbentuk tornado.

OJ menyadari bahwa objek tersebut bukanlah pesawat luar angkasa. Tetapi sebuah organisme. Hewan dan manusia yang dibawanya tak diteleportasi. Tetapi mereka sedang dimakan.

OJ dan Emerald, bersama dengan ahli teknologi yang antusias Angel Torres (Perea) dan sutradara film  Antlers Holst (Michael Wincott), menyusun rencana untuk memancing organisme keluar di siang hari. Sehingga mereka dapat memfilmkannya dan menuai hadiah uang.

Selama film, mereka menemukan bahwa makhluk itu mematikan listrik di dekatnya dan hanya memakan apa yang terlihat di mata. Untuk menjebaknya, OJ akan bertindak sebagai umpan, memakai hoodie dengan dua reflektor yang menempel di bagian belakang tudung, dan berfungsi ganda sebagai mata.

Dia mengendarai kudanya keluar dari rumah mereka ke peternakan. Sementara Emerald memonitor kamera pengintai beserta Antlers dan Angel memfilmkan adegan itu dengan kamera non-listrik dari atas.

Rencana menjadi rumit ketika seorang jurnalis dari TMZ muncul di peternakan dan menanyakan soal tragedi baru-baru ini. Melawan peringatan OJ, dia mengendarai sepeda motornya dengan kecepatan penuh menuju zona pemadaman listrik, dan terpental dari sepeda. Dia tak langsung mati dan OJ mencoba menyelamatkannya. Sayangnya, OJ gagal karena organisme itu melahapnya.

Tepat setelah itu, OJ berlari kembali menuju rumah, hoodie dengan reflektornya berhenti, membuat makhluk itu mengejarnya. Antlers mendapat adegan, dan OJ lolos tepat pada waktunya. Tapi Antlers tergoda oleh sensasi pengejaran, mengabaikan tindakan pencegahan yang telah mereka siapkan dan memperlihatkan dirinya kepada makhluk itu untuk mendapatkan bidikan sempurna dalam cahaya senja. Suatu keputusan yang membuatnya dimakan juga.

Makhluk itu mengamuk, merusak rumah keluarga Haywood dan hampir membunuh Angel. Untungnya, dia lolos karena terbungkus kawat berduri. Emerald dan OJ sama-sama mencoba melarikan diri, tetapi dia tak bisa pergi dengan sepeda motor jurnalis kecuali OJ mengendarai Lucky ke arah yang berlawanan. Yang berarti dia mengorbankan dirinya sendiri.

Setelah Emerald melarikan diri, makhluk itu mengembang, membuka bungkusnya menjadi sulur panjang dan berubah wujud menjadi mirip kupu-kupu. Kemudian, Emerald melepaskan balon besar berbentuk manusia di taman hiburan, berharap makhluk itu akan jatuh cinta pada mata palsunya.

Ketika itu terjadi, dia menggunakan kamera yang terpasang di salah satu atraksi taman hiburan untuk memotretnya tepat sebelum tindakan mencerna udara terkompresi. Terakhir, balon berhasil meledakkan makhluk itu untuk selamanya.

Apa Sebenarnya Makna Nope?

Dalam wawancara bulan Juli dengan Today, Peele menghabiskan banyak waktu berbicara tentang tema film. Saat ngobrol dengan Craig Melvin, Peele mengatakan Nope adalah "tentang banyak hal," termasuk tontonan, ras, dan sifat manusia.

"Saya merasa seperti saya sedang berjuang untuk bioskop, saya berjuang untuk pengalaman teater ketika saya menulis film ini," kata Peele pada Melvin. "Jadi ini tentang tontonan. Dan dari sana, saya menjelajahinya dan mulai mengungkap apa yang menurut saya seperti sisi gelap dari hubungan kita dengan tontonan."

Pada "hubungan gelap" itu, Peele mengatakan kita dapat menggunakan tontonan "untuk mengalihkan diri kita dari kebenaran.” Atau mengalihkan diri kita untuk hal di mana diri kita bisa terobsesi padanya.

"Saat kita mengemudi, kita berada di lalu lintas kan, kemudian ada kecelakaan, lalu lintas jadi melambat," kata Peele. "Itu karena semua orang mengintip tontonan yang mengerikan itu dan itu memperlambat semua orang. Jadi aku mengaitkannya dan berniat membuat film tentang itu."

Peele tidak secara langsung membongkar bagian akhir, tetapi Melvin bertanya kepadanya apa yang dia ingin penonton pikirkan ketika mereka keluar dari teater. Peele memberikan jawaban samar, "Jika saya memiliki gagasan yang terlalu jelas tentang apa yang saya ingin mereka pikirkan, saya merasa seperti saya tidak akan berbicara dengan penonton. Itu terserah mereka."

Dia kemudian mengulang kembali pernyataan soal Nope, jawabannya cukup menarik. “Ya, Nope adalah film tentang tontonan, tapi juga menjadi sebuah tontonan.”(*)

Artikel Terkait
Entertainment
‘Nope’ Catatkan Rp 2,2 Triliun di Box Office Global, Begini Reviewnya!

Entertainment
Sinopsis ‘Nope’: Cerita Kakak-Adik Melawan Awan Misterius

Entertainment
Duffer Brothers Tak Ingin Tambah Karakter Baru untuk ‘Stranger Things 5’