Interest

5 Alasan Kenapa Rambut Kamu Berminyak

Dwiwa

Posted on August 21st 2022

Rambut berminyak adalah masalah yang mengganggu, terutama untuk kaum hawa. Satu menit rambut kita bersih dan berkilau, tetapi detik berikutnya rambut terasa lepek dan kotor. Ini adalah kondisi yang menantang yang dapat membuat rambut sulit untuk ditata dan tidak nyaman untuk disentuh.

Tapi, apa sih yang sebenarnya membuat rambut kita jadi gampang berminyak? Dilansir Bestlife, berikut lima hal yang mungkin menjadi penyebab rambut berminyak dan cara mengatasinya.

 

1. Terlalu sering cuci rambut

Kebiasaan terlalu sering mencuci rambut ternyata justru tidak sehat dan membuat rambut jadi lebih berminyak. Menurut Antonio Juarez, penata rambut di salon Fabio Scalia di New York City, alasan mengapa ini terjadi adalah karena kelenjar sebaceous jadi lebih terangsang, yang berarti lebih banyak minyak diproduksi daripada yang dibutuhkan. Stimulasi ini disebabkan oleh teknik pemijatan yang digunakan saat menggunakan sampo.

"Yang bisa dilakukan adalah keramas setiap dua hari atau dua kali seminggu, pada hari-hari ketika rambut terasa berminyak," kata Juarez. Di antara waktu tersebut, ia menyarankan untuk membilas rambut tanpa sampo dan menggunakan kondisioner saja.

2. Tidak membersihkan rambut secara efektif

Keramas rambut dengan benar memiliki pengaruh yang lebih banyak dari yang kalian pikirkan. Cobalah untuk menerapkan praktik pembersihan ganda.

"Sampo pertama harus fokus pada menghilangkan penumpukan produk," kata Juarez. "Gunakan ujung jari dan lakukan di seluruh kulit kepala."

Kemudian, tambahkan sedikit air dan usapkan sampo kedua. Pembersihan ini harus lebih berbusa, memastikan helai rambut kita bersih dari akar ke ujung. "Basuh sampo sepenuhnya, oleskan kondisioner dari tengah hingga ujung, dan bilas semuanya," kata Juarez. Kalian bisa menggunakan sampo kering sesuai kebutuhan agar rambut lebih lama terhindar dari lepek.

3. Mandi dengan air panas

Suhu air yang digunakan untuk mandi juga bisa memengaruhi rambut lebih berminyak atau kekurangannya. Gökhan Vayni, spesialis rambut di Vera Clinic mengatakan sangat penting untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas saat mencuci rambut. Sebab ini akan menghilangkan minyak alami dari kutikula dan kulit kepala akan segera menggantinya, membuat rambut berminyak.

Sementara itu, mencuci dengan air dingin bisa menambah kilau rambut. "Air dingin bermanfaat untuk rambut karena menyegel kutikula dan mengunci kelembapan dari kondisioner. Ini membuat rambut kita lebih terhidrasi, bebas kusut, dan berkilau," jelas Vayni.

4. Terlalu sering menata rambut

Jika memiliki rambut berminyak alami, kalian harus memilih produk penataan rambut yang lebih sederhana. Vayni mengatakan bila menggunakan produk rambut yang berbeda saat menata rambut, seperti gel rambut, minyak, dan pomade, itu dapat menyebabkan penumpukan produk, yang merupakan alasan utama mengapa rambut lebih cepat berminyak.

"Hanya gunakan produk penata rambut bila perlu untuk mencegah keharusan mencuci rambut setelah digunakan," ujar Vayni.

Juarez menawarkan tip profesional lainnya: Hanya gunakan satu produk penataan rambut pada satu waktu dan jangan pernah mengaplikasikannya ke kulit kepala. Sebagai gantinya, gunakan hanya pada bagian tengah rambut saja. Dia menambahkan untuk selalu menggunakan sedikit untuk memulai dan tambahkan lebih banyak jika perlu.

5. Terlalu sering menyentuh rambut

Kulit kepala menghasilkan minyak secara alami, begitu juga ujung jari kita. "Satu hal yang mungkin mengejutkan klien saya yang berkontribusi pada kulit kepala berminyak adalah menyentuh rambut mereka terus-menerus sepanjang hari," kata Juarez.

Ini karena minyak di jari-jari kita berpindah ke rambut, membuatnya lebih berminyak daripada sebelum rambut diusap-usap. Jika kalian selesai menata segala sesuatunya, hindari menyentuh untaian rambut. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Seberapa Sering Sih Rambut Kita Harus Dicuci?

Interest
Rambut Tetap Oke Meski Ngga Bisa ke Salon? Nih 5 Resep Masker Rambut Layak Coba

Interest
Bro, Rambut Keriting, Jangan Direbonding!