Tech

Cara Menyembunyikan Status Online di Berbagai Aplikasi

Dwiwa

Posted on August 21st 2022

Melihat kapan seseorang terakhir online di dalam aplikasi dapat membantu kita mengetahui apakah mereka tersedia untuk mengobrol atau tidak. Selain itu, status online juga dapat memberi petunjuk apakah mereka mengabaikan pesan atau belum sempat membalas. Tetapi ada kalanya, kita tidak ingin status online disiarkan ke kontak seperti ini.

Untungnya, berbagai aplikasi telah menyediakan fitur untuk membuat status online ini jadi tersembunyi. Biasanya, fitur ini juga membuat orang tidak tahu apakah pesan mereka sudah dibaca atau belum. Tetapi saat fitur ini diaktifkan,  konsekuensinya kita juga tidak akan dapat melihat status online mereka atau tanda terima telah dibaca.

Dilansir Gizmodo, berikut beberapa cara menyembunyikan status online di beberapa platform perpesanan.

 

1. WhatsApp

Cara menyembunyikan status online di WhatsApp sangat mudah. Di aplikasi seluler, ketuk Pengaturan (iOS) atau tiga titik di sudut kanan atas lalu "Pengaturan" (Android).

Kemudian, pilih "Akun", "Privasi", dan "Terakhir Dilihat". Kalian memiliki empat opsi berbeda di sini, yakni "Semua Orang", "Kontak saya", "Kontak Saya Kecuali...", dan "Tidak ada".

Kalian tinggal memilih mana yang ingin digunakan. Jika masih ingin membagikan status online dengan sejumlah orang tertentu (dan mendapatkan kembali status online mereka) pilih opsi "Kontak Saya Kecuali..."

2. iMessage

Platform iMessage di iPhone tidak menyiarkan status online atau offline ke kontak seperti beberapa aplikasi perpesanan instan lainnya. Tetapi aplikasi ini memiliki tanda terima yang telah dibaca.

Untuk menghilangkannya, kamu perlu membuka aplikasi "Pengaturan" iOS utama, lalu pilih "Pesan" dan kemudian matikan sakelar "Kirim Tanda Terima Dibaca". Kalian juga dapat melakukan ini untuk obrolan individu dengan mengetuk tajuk di bagian atas percakapan untuk menemukan sakelar "Kirim Tanda Terima Dibaca."

3. Facebook Messenger

Dari daftar percakapan utama di aplikasi Facebook Messenger di ponsel, ketuk gambar profil kalian (kiri atas), lalu pilih status aktif: Kalian mendapatkan tombol sakelar "Perlihatkan" saat aktif yang bisa dinyalakan atau matikan.

Ini berlaku di semua tempat yang mungkin terinstal Facebook dan Facebook Messenger. Jika kalian mematikannya, itu tidak memengaruhi kemampuan untuk mengirim pesan ke orang lain atau apa pun yang dilakukan di Facebook.

4. Instagram

Seperti aplikasi lain yang dijalankan Facebook (sekarang Meta), Instagram menunjukkan status online dan kapan terakhir kali kita aktif secara default. Untuk mengubahnya, ketuk gambar profil di aplikasi seluler (kanan bawah), lalu tiga baris (kanan atas), lalu Pengaturan" dan "Privasi". Pilih "Status Aktivitas" dan matikan sakelar Show Activity Status untuk menyembunyikan status saat ini. Tampilannya sangat mirip dengan yang ada di Facebook Messenger.

5. Signal

Signal tidak menunjukkan kapan terakhir kita online atau apakah sedang menggunakan aplikasi. Tetapi, itu menawarkan tanda terima baca, yang dapat memberi orang lain gambaran tentang kapan terakhir kali kita mengakses aplikasi.

Jika kalian ingin menyembunyikannya, ketuk tiga titik (kanan atas) saat berada di aplikasi, lalu pilih "Pengaturan", lalu "Privasi", dan kalian dapat mematikan tanda terima Baca dan indikator Pengetikan di dalam obrolan.

6. Telegram

Jika kalian pengguna Telegram, dari dalam aplikasi seluler, buka "Pengaturan" dengan mengetuk tiga baris di sudut kiri atas layar daftar obrolan utama. Pilih "Privasi" dan "Keamanan" untuk menemukan opsi "Terakhir Terlihat & Online". Ada pilihan "Semua Orang", "Kontak Saya" atau "Tidak Ada". Jika hanya ingin terlihat oleh orang tertentu, ada juga opsi "Selalu Berbagi Dengan" pada bagian bawah. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Gara-Gara WhatsApp “Berulah”, Signal dan Telegram Kebanjiran Pengguna Baru

Tech
Gara-gara Facebook Down, Telegram Dapat 70 Juta Pengguna Baru Lho!

Current Issues
Ini Media Sosial yang Berjaya dan Tumbang dalam Satu Dekade