Entertainment

Ending 'Locke & Key 3’: Apakah Kinsey, Tyler, Ellie dan Sam Selamat?

Jingga Irawan

Posted on August 21st 2022

Semua hal harus berakhir. Baik dengan ending yang bahagia atau kurang menyenangkan. Termasuk Locke & Key Netflix. Adaptasi TV khusus yang menghidupkan buku komik ikonik ini akan menutup pintu selamanya, setelah season terakhir acara tersebut ditayangkan.

Bagi para penggemar, pasti lega jika series kesayangannya punya ending bahagia. Pasalnya, acara TV dan film akhir-akhir ini langka memiliki akhir bahagia. Tapi bukan berarti karena happy ending jadi lebih muda untuk mengucapkan selamat tinggal, lho ya.

Sama seperti keluarga Lockes yang tak siap untuk meninggalkan semuanya, para penggemar pasti akan dibuat rindu dengan masing-masing karakter epik. Namun, jika kalian melewarkan beberapa momen dan mungkin bertanya-tanya bagaimana Locke & Key berakhir? serta siapa yang bertahan? Berikut MainMain uraikan:

Apakah Kinsey, Tyler, Ellie, dan Sam baik-baik saja?

Seperti yang mungkin kalian ingat dari episode terakhir, Kinsey, Tyler, Ellie, dan Sam semua berada di dalam kepala Gordie setelah Gideon menggunakan Head Key untuk mencoba mengeluarkan Creation Key.

Ellie dan Erin menyembunyikannya di sana ketika mereka masih di sekolah menengah. Tepat setelah melihat kekuatannya dan takut apa yang akan dilakukan jika berada di tangan yang salah.

Gordie, yang ditikam oleh Gideon, berada di ambang kematian. Untuk sesaat, dia tak memiliki denyut nadi. Tetapi salah satu paramedis mampu menghidupkannya kembali tepat waktu untuk memberi Kinsey, Tyler, dan Ellie jalan keluar. Mereka berhasil melarikan diri tetapi bertemu polisi, yang juga menahan Rufus, setelah melihat darah di pakaiannya.

Mereka semua berusaha untuk meyakinkan bahwa sesuatu yang lebih besar sedang terjadi. Polisi mencoba menembak jatuh Gideon, tetapi mereka menyadari bahwa dia tak bisa dibunuh. Lalu, Lockes dan Whedon menemukan tubuh Gordie serta mendapatkan kembali Head Key. Sayangnya, Sam tak bisa keluar tepat waktu dan dianggap sudah mati.

Apakah semua orang melarikan diri dari Gideon?

Kedua keluarga memutuskan untuk berpisah dengan Kinsey dan Tyler karena mengambil Creation Key sebelum mereka pergi, sementara Ellie dan Rufus menuju ke rumah Josh. Ellie meminta bantuannya sementara Kinsey menggambar sepeda motor dengan Creation Key untuk membantu mereka kembali ke Keyhouse lebih cepat.

Meskipun Gideon terus mengejar mereka, Josh muncul dan menghentikan Gideon dengan mobilnya untuk mengulur waktu. Sayangnya, Gideon meninju Josh dan mencuri mobilnya.

Selama pengejaran, Tyler berhasil membelok tajam pada sepeda motor yang menyebabkan mobil Gideon terbalik, menabrak, dan meledak. Karena Gideon tak dapat dibunuh, dia melarikan diri dan memutuskan untuk berjalan.

Kembali di Keyhouse, Lockes mencoba mencari cara untuk mengalahkan Gideon untuk selamanya. Tyler mencoba membujuk Gideon untuk masuk ke dalam Wellhouse dengan mengungkapkan bahwa dia memiliki beberapa kunci. Namun, Gideon tahu dia akan terjebak di sana jika dia melangkah mundur. Kemudian Bode tiba-tiba muncul dengan truk ekskavator dan mencoba mendorongnya masuk.

Kinsey dan Nina terus mencoba membobol peti ketika Kinsey menyadari bahwa dia bisa menggunakan sihir untuk membukanya. Menggunakan Creation Key, dia menggambar pintu di bagian atas peti dan mengeluarkan sisa kunci, termasuk Alpha Key.

Begitu dia mengeluarkan kuncinya, Gideon bergegas masuk, meraihnya, dan menahannya di atas portal. Saat dekat dengan Gideon, Kinsey menggunakan Alpha Key untuk menjatuhkannya. Sementara Nina mendorongnya ke portal dan menyingkirkannya untuk selamanya.

Apa yang terjadi setelah Gideon pergi?

Tyler dengan cepat menyadari bahwa portal itu mengecil setelah Gideon masuk dan menunjukkan bahwa dia memiliki dua kunci sebelum dia meninggal. Tyler melempar Head Key ke bawah portal dan menyusut lagi, yang artinya teorinya benar.

Keluarga Lockes mengadakan pertemuan untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan. Kinsey, Tyler, dan Nina dengan cepat memutuskan menyingkirkan kunci untuk selamanya. Bode mencoba menunjukkan semua hal baik yang telah dilakukan kunci untuk mereka, tetapi anggota keluarga lainnya mengatakan portal itu berbahaya dan akan menyebabkan lebih banyak masalah di masa depan.

Merasa dikalahkan, Bode meminta untuk melakukan satu hal terakhir dengan salah satu kunci sebelum melemparkannya ke portal dan mengambil Timeshift Key.

Dalam kilas balik khusus, Tyler, Kinsey, Bode, dan Nina terlihat melakukan perjalanan sehari bersama dan mereka mengucapkan selamat tinggal pada Rendell. Saat Rendell berjalan kembali ke rumah, dia mendengar pintu depan terbuka dan mengira itu salah satu dari anak-anak yang melupakan sesuatu. Tetapi dia berbalik dan melihat Nina serta anak-anaknya sudah dewasa di depannya.

Mereka menghabiskan waktu bersama dan mencoba mencerna tentang semua yang telah terjadi sejak dia meninggal. Bode mengatakan kepadanya bahwa dia tak ingin menyingkirkan kuncinya, tetapi Rendell mengatakan bahwa dengan melakukan itu, dia membuktikan bahwa mereka semua lebih kuat darinya karena melakukan sesuatu yang seharusnya dia lakukan bertahun-tahun yang lalu.

Alarm Bode berbunyi, memberi peringatan satu menit sebelum mereka dikirim kembali ke waktu asli. Keluarga Locke saling berpelukan untuk terakhir kalinya sebelum mereka muncul kembali di Keyhouse masa sekarang.

Bode dan Kinsey menggunakan kunci memori pada diri mereka sendiri sehingga mereka tak pernah melupakan sihir sebelum mereka membuang semua kunci lainnya ke dalam portal, menutupnya untuk selamanya.(*)

Foto: Netflix

Artikel Terkait
Entertainment
Empat Kunci Baru di ‘Locke & Key Season 3’

Entertainment
6 Perbedaan Terbesar antara 'The Sandman' versi Netflix dan Komiknya

Entertainment
7 Serial Netflix yang Cocok Ditonton Generasi Z!